Hore! MRT Bakal Bablas Sampai Ancol Mulai 2023

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 November 2019 16:09
Hore! MRT Bakal Bablas Sampai Ancol Mulai 2023
Jakarta, CNBC Indonesia - Moda Raya Terpadu (Mass Rapid Transit/MRT) Jakarta Fase II koridor utara-selatan hingga rute akhir Ancol ditargetkan rampung pada 2023. Artinya, jalur MRT HI - Ancol akan bisa digunakan penuh pada 2023 mendatang. Saat ini fase I dari Lebak Bulus-Bundaran HI sudah operasi.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu delegasi Asosiasi Jepang - Indonesia/Japan Indonesia Association, Inc (JAPINDA).

"Kalau MRT Ancol itu mulai tahun depan, selesai 2024. Kalau bisa 2023," kata Budi Karya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).


MRT Jakarta memang diperpanjang hingga wilayah Ancol Barat, yang dana pembangunannya dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020.



PT MRT Jakarta pun sebelumnya telah meneken pakta integritas pengadaan proyek fase II MRT Jakarta bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Adapun total pembangunan proyek ini mencapai Rp 22,5 triliun.

Sementara itu, Budi Karya mengatakan untuk MRT Jakarta untuk koridor timur-barat yaitu Balajara - Cikarang ditargetkan bisa selesai pada 2026. Namun, mantan bos Angkasa Pura II itu meminta agar proyek tersebut bisa dikebut.

"MRT dari Cikarang sampai Balaraja 78 kilometer, akan dimulai 2022 selesai 2026," kata Budi Karya.

Budi Karya menjelaskan MRT Fase III koridor timur barat menghubungkan Kalideres-Ujung Menteng memang saat ini masih dalam proses studi. Proyek yang melibatkan Jepang itu dianggap masih membutuhkan waktu untuk pembebasan lahan di rute tersebut.



[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading