Naik MRT Bisa Lewat OVO, Dana, LinkAja, & GoPay Mulai 2020

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
31 October 2019 21:12
Naik MRT Bisa Lewat OVO, Dana, LinkAja, & GoPay Mulai 2020
Jakarta, CNBC Indonesia - Para pengguna Mass Rapid Transit (MRT) akan mendapat alternatif baru dalam melakukan pembayaran tiket. Nantinya, penumpang bisa membayar ongkos perjalanan melalui pemindaian QR Code melalui aplikasi MRT Jakarta.

Direktur Utama MRT William Syahbandar mengatakan 3 provider telah bekerjasama untuk pembayaran mobile, yaitu OVO, Dana, dan LinkAja. Ketiganya dipilih melalui beauty contest. Selain itu, MRT, masih menunggu kerja sama dari GoPay.

"So far sudah tiga [PKS] satu lagi masih kita tunggu. Prosesnya kita harap bisa difinalkan," kata William di Jakarta, Kamis (31/10/2019).



Sistem pembayaran QR Code akan terintegrasi dalam aplikasi MRT Jakarta yang rencananya akan diluncurkan pada awal Januari 2020.

QR Code akan digunakan pada pintu masuk dan keluar peron stasiun MRT. Saat ini pihaknya sedang menyiapkan fasilitas QR Code. Sosialisasi ke publik akan dilaksanakan pada Desember 2019.

"Adapun ini instrumen alternatif, mempermudah, memberikan opsi kepada pelanggan dalam kemudahan," kata William.

Sebelumnya, penyelenggaraan beauty contest atau seleksi mitra penyedia sistem pemindaian QR Code pembayaran tiket sempat disorot oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Seleksi ini diduga akan menjadikan pemenang menjadi mitra pemindaian QR Code yang berpotensi pada monopoli.

Namun, William membantah dugaan tersebut. Seperti yang dikemukakannya, terdapat tiga provider pembayaran yang terpilih.

Ia mengundang semua pihak untuk berpartisipasi dalam beauty contest.

"Semua pihak yang berminat diundang untuk mengikuti lelang. Ada 3 sudah PKS dan [satu] menuju proses PKS (Gopay). Ini sudah dijelaskan MRT ke KPPU. Prinsipnya KPPU tidak masalah," katanya. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading