Ini Alasan Erick Thohir Berhentikan Sesmen & Para Deputi BUMN

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
18 November 2019 21:26
Erick Thohir merombak petinggi di Kementerian BUMN
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri BUMN Erick Thohir merombak petinggi di Kementerian BUMN. Salah satu alasannya adalah melakukan penyegaran di tubuh kementerian BUMN.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga sudah menyatakan bahwa lima dari enam orang deputi dan seorang sekretaris Kementerian BUMN sudah resmi dicopot. Sementara satu lainnya, yakni Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Aloysius Kiik Ro masih belum dicopot karena alasan administrasi.

"Pak Aloysius menyusul saja. Masalah administrasi yang belum," kata Arya di Kantor Kementerian BUMN, Senin (18/11).




Mengenai jabatan yang akan diemban ke depan, para deputi itu akan ditempatkan menjadi direksi di BUMN. Hal ini ini menepis kabar yang beredar bahwa para mantan deputi BUMN ini akan mengisi jabatan Komisaris, meskipun beberapa diantaranya ada yang rangkap jabatan saat ini.

"Mengenai Dirut atau Wadirut akan ditentukan berdasarkan RUPS lah ya. Tetap RUPS dulu," sebut Arya.

Pemberhentian para deputi ini diklaim bertujuan untuk menyegarkan roda organisasi yang saat ini berjalan di Kementerian BUMN. Beberapa Deputi sudah ada yang menjabat sejak beberapa tahun lalu, misalnya dari 2015.

"Supaya mereka segar lagi, baik orangnya maupun organisasinya," lanjut Arya.

Soal bagaimana PNS eselon I di Kementerian BUMN yang berbeda status dengan karyawan BUMN, Arya menganggap itu hanya persoalan administrasi.

"Nggak masalah ya. Kan bisa aja, PNS boleh jadi direksi di BUMN," lanjut

Saat menjabat sebagai direksi di BUMN, para mantan deputi ini juga tetap akan dilihat performa dari setiap individu dengan Key Performance Index (KPI). Sehingga, posisi yang nanti akan ditempati belum tentu dijamin aman.

Keppres pemberhentian para deputi BUMN sudah diterima oleh para deputi. Hal ini diakui oleh mantan Deputi BUMN Pertambangan, Industri Strategis, dan Media BUMN Fajar Harry Sampurno membenarkan hal itu.

"Sudah diterima Keppres pemberhentiannya, untuk semua deputi dan Sesmen," kata Fajar.

Sebagai pengganti Deputi yang kini sudah dicopot, wewenang dan tanggung jawabnya akan diserahkan kepada Wamen dan Plt. Adapun penunjukan Plt. mayoritas akan mengangkat eselon II atau Asisten Deputi.

[Gambas:Video CNBC]


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading