Diresmikan, Lampung-Palembang Gratis Lewat Tol Ini!

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
16 November 2019 20:08
Tol Terpeka resmi beroperasi kemarin, masih digratiskan.
Lampung, CNBC Indonesia- Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni- Terbanggi Besar dan ruas Terbanggi Besar- Pematang Panggang- Kayu Agung (Terpeka) kini resmi tersambung dan beroperasi.

Diresmikan oleh Presiden Joko Widodo kemarin, dengan beroperasinya kedua tol ini otomatis jarak 325 kilometer dari Lampung ke Palembang bisa ditempuh dengan mudah dan cepat. Bahkan gratis untuk saat ini!

Para pengguna jalan yang berasal dari pulau Jawa dan bertujuan ke Sumatera Selatan, dengan menggunakan kapal ferry dan turun di pelabuhan Bakauheni bisa langsung menggunakan ruas tol ini. Demikian juga dengan arah sebaliknya.


Untuk kedua ruas ini nantinya akan diberlakukan 2 tarif yang berbeda. Saat ini tarif yang berlaku adalah tarif ruas Bakauheni-Terbanggi besar. Sedangkan mulai Terbanggi Besar sampai dengan Kayu Agung masih dalam tahap sosialisasi sehingga belum dikenakan tarif tol.



Namun supaya dapat melewati jalan tol sepanjang 325 km ini, pengguna jalan tetap harus melakukan taping dengan uang elektronik di gardu masuk dan di gardu keluar.

Serta selalu memastikan saldo cukup jika ingin melintasi ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pembangunan tol di Sumatera mempercepat arus barang dan manusia. Setelah tol yang menghubungkan Lampung-Palembang tersambung, maka waktu tempuh jadi lebih singkat.

"Dengan semakin bertambahnya ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang diresmikan maka mobilitas orang, barang/logistik, dan jasa akan semakin baik yang akan berpengaruh pada peningkatan indeks daya saing bangsa. Kita ingin kecepatan dalam jaringan logistik, jika sebelumnya dari Palembang ke Lampung sekitar 10 jam, dengan jalan tol sekarang bisa 3 jam. Itu yang namanya efisiensi," kata Jokowi, kemarin.



[Gambas:Video CNBC]


(gus/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading