Terpanjang di RI, Tol Terpeka Pecahkan Rekor MURI

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
15 November 2019 15:45
Terpanjang di RI, Tol Terpeka Pecahkan Rekor MURI
Jakarta, CNBC Indonesia- Hari ini, Jumat (15/11) menjadi hari yang bersejarah khususnya bagi masyarakat Lampung. Pasalnya, salah satu Ruas Tol Trans Sumatera yang melintasi Provinsi ini yaitu Ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka) telah diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo sekaligus dinobatkan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai ruas tol terpanjang di Indonesia.

Jalan tol sepanjang 189 kilometer ini dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) dengan waktu pengerjaan selama 841 hari atau kurang lebih 23 bulan saja.

Peresmian dan pemberian rekor MURI dilaksanakan di Gerbang Tol Simpang Pematang, kilometer 240 Simpang Pematang Panggang, Mesuji, Lampung, yang dihadiri oleh Presiden Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo.





Dalam sambutannya saat peresmian, Presiden Jokowi menyampaikan rasa bangganya karena telah meresmikan Jalan Tol terpanjang di Indonesia ini.

"Jalan Tol sepanjang 189 kilometer ini adalah Jalan Tol terpanjang yang pernah saya resmikan," ungkap Jokowi diiringi tepuk tangan meriah dari para hadirin dan undangan.

Ia juga menjelaskan bahwa kehadiran Jalan Tol ini akan memberikan manfaat ekonomi, baik di level regional maupun nasional antara lain: penciptaan titik-titik ekonomi baru, penciptaan jaringan logistik, menyediakan fasilitas bagi sentra produksi lokal, penciptaan lapangan pekerjaan, serta mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia karena Jalan Tol tidak hanya ada di Jawa.

"Adanya tol ini artinya juga membangun peradaban baru di Sumatera dan meningkatkan mobilitas barang, jasa dan orang," pungkasnya.




Jalan tol yang menelan biaya investasi sebesar Rp 21,9 Triliun ini melengkapi jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) sepanjang 145 kilometer yang sudah diresmikan terlebih dahulu dan beroperasi sejak bulan lalu. Keduanya merupakan Ruas Tol Terpanjang di Indonesia peringkat pertama dan kedua yang menyambungkan Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan.

[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading