Asyik! Habis Diresmikan, Tol Terpanjang RI Digratiskan Jokowi

News - Redaksi, CNBC Indonesia
16 November 2019 09:37
Asyik! Habis Diresmikan, Tol Terpanjang RI Digratiskan Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia - Mulai 17 Mei 2019, pemberlakuan tarif diterapkan pada Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Tol ini sudah beroperasi secara gratis sejak 8 Maret 2019 lalu setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Nantinya masyarakat harus menyiapkan kocek jika ingin melintasi tol sepanjang 140,9 Km yang memegang predikat tol terpanjang di RI itu. Pengenaan tarif sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 305/KTS/M/2019.

Berikut tarif penuh Tol Bakauheni-Terbanggi Besar:
* Golongan I Rp 112.500
* Golongan II Rp 168.500
* Golongan III Rp 168.500
* Golongan IV Rp 224.500
* Golongan V Rp 224.500


Tol Terpanjang RI tak Lagi Gratis, Mulai Berbayar 17 Mei 2019Foto: Mulai 17 Mei 2019, pemberlakuan tarif diterapkan pada Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Tol ini sudah beroperasi secara gratis sejak 8 Maret 2019 lalu setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. (Dok.Kementerian PUPR)


Nilai investasi tol ini sebesar Rp 16,7 triliun dengan porsi modal atau ekuitas sebesar 51,9 % dan 48,1 % dipenuhi melalui skema pinjaman investasi dari tujuh bank dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). Tol Bakaheuni-Terbanggi Besar tersambung dengan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung sepanjang 189 Km. Kedua ruas tol tersebut merupakan penugasan Pemerintah kepada BUMN PT Hutama Karya.

Ruas yang terintegrasi dengan Tol Trans Sumatera ini berperan untuk memangkas biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk Indonesia. Konektivitas dari dan menuju Pelabuhan Bakauheni sebagai pelabuhan utama yang menghubungkan Jawa dengan Sumatera.




Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan pada mudik Lebaran 2019, Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang sudah operasional akan tersambung dengan ruas Terbanggi Besar hingga ke Palembang yang dibuka fungsional.

Basuki menyebut, untuk jalan tol di Terbanggi Besar-Palembang terdapat kendala di jembatan Sodong, namun sudah diselesaikan, sehingga jalan tol ini sudah bisa dioperasikan walaupun fungsional.

"Kendalanya di Jembatan Sodong, laporan Jembatan Sodong telah selesai akan kami tinjau dari udara. Kemudian langsung ke Jakabaring Palembang. Itu sudah bisa dicapai," ujar Basuki usai melakukan pemantauan kesiapan arus mudik di Tol Trans Sumatera, Sabtu (11/5/2019) lalu.

"Jadi dari Bakauheni sampai Jakabaring Palembang sudah bisa digunakan untuk mudik. Mudah-mudahan dengan fungsionalisasi tol ini dapat membantu masyarakat untuk mudik lebih baik," imbuhnya.

Untuk kelancaran bersama pada saat mudik, Basuki berpesan kepada para pengguna jalan tol menyiapkan kartu tol elektronik dengan saldo yang cukup.

Simak video terkait Jalan Tol Trans Sumatera di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading