Adik Cak Imin Bantah Ada 'Desa Setan', Ini Jawaban Pratikno

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
08 November 2019 15:15
Adik Cak Imin Bantah Ada 'Desa Setan', Ini Jawaban Pratikno
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Sekretaris Negara Pratikno angkat bicara perihal bantahan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar terhadap keberadaan 'desa setan' penerima dana desa. Pratikno meminta agar publik menunggu hasil penelusuran tim dari Kementerian Dalam Negeri.

"Iya biarkan dulu lha Pak Mendagri (Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi [Purn] Tito Karnavian] bekerja," ujar Pratikno kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

"Mendagri sudah turun. Pak Tito kan sudah memberikan pernyataan. Pak Tito sudah memberikan pernyataan bahwa sudah memerintahkan tim untuk melihat di lapangan," lanjutnya.


Sebelumnya, Abdul Halim membantah apabila ada 'desa setan' penerima dana desa. Hal itu disampaikannya ketika ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

"Iya. Sejauh ini belum ada," ujarnya.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu menegaskan, tidak ada 'desa setan' penerima dana desa di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Sebab, di desa-desa tersebut, ada penduduk dan sudah mendapat manfaat dana desa.

"Ada. Ada pertanggung jawabannya," kata Abdul Halim.

Lebih lanjut, adik kandung Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar itu mengatakan, persepsi pemahaman terkait 'desa setan' harus disamakan.

"Karena kalau yang dimaksud fiktif itu sesuatu yang gak ada, kemudian dikucuri dana dan dana gak bisa dipertanggung jawabkan, itu gak ada. Karena desanya ada, penduduknya ada, pemerintahan ada, dana dikucurkan iya, pertanggung jawaban ada, pencairan juga ada, sehingga saya bingung yang namanya fiktif namanya bagaimana," ujar Abdul Halim.

Polemik 'desa setan' bermula dari rapat kerja antara Komisi XI DPR RI dengan Kementerian Keuangan di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/11/2019). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, walaupun dana desa diberikan setiap tahun, masih ada sekitar 20 ribu desa tertinggal.

"Karena transfer yang ajek dari APBN, muncul desa-desa baru yang gak ada penduduknya. Karena mereka lihat adanya jumlah yang ditransfer setiap tahunnya," kata Sri Mulyani.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading