CAD Membaik, Airlangga Sebut Gegara B20

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
08 November 2019 14:34
CAD Membaik, Airlangga Sebut Gegara B20
Jakarta, CNBC Indonesia - Neraca Pembayaran Indonesia (Current Acount Deficit/ CAD) pada triwulan III-2019 tercatat sebesar US$ 7,7 miliar atau sebesar2,7% terhadap PDB (Produk Domestik Bruto). Pemerintah mengklaim CAD Indonesia membaik karena program B20 berjalan.

Untuk diketahui, Bank Indonesia (BI) baru saja melaporkan bahwa CAD pada triwulan III-2019 sebesar US$ 46 juta, atau lebih rendah dibandingkan dengan defisit pada triwulan sebelumnya yang mencapai US$ 8,2 miliar atau 2,9% dari PDB.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa CAD yang membaik pada triwulan III-2019 itu karena efek dari berjalannya program pemerintah terhadap penerapan B20.


"Neraca perdagangan kan ada perbaikan dari non migasnya naik, migas turun sedikit. Ini mencerminkan program B20 berjalan. Nah, oleh karena itu ke depan salah satu prioritas kita akan merapikan B30. Dan kita sedang buat roadmap B30, B40, B70, sampai B100. Sehingga ini salah satu langkah quick win untuk neraca perdagangan," kata Airlangga di kantornya, Jumat (8/11/2019).

Ke depan, kata Airlangga, pemerintah akan terus memantau kondisi global dan akan terus meningkatkan kegiatan ekspor di dalam negeri.

"Ekspor kita tingkatkan dan kemudian kalau dilihat kan dari investasi cukup meningkat. Konsumsi juga akan ditingkatkan dan belanja pemerintah juga harus didorong," tuturnya melanjutkan.

Tambahan informasi, dari rilis yang diterbitkan oleh BI, CAD yang membaik, terutama ditopang oleh meningkatkan surplus neraca perdagangan barang, sejalan dengan menurunnya defisit neraca perdagangan migas di tengah surplus neraca perdagangan nonmigas yang stabil.

Selain itu juga, defisit neraca perdagangan migas dipengaruhi oleh migas yang menurun, sejalan dengan dampak positif kebijakan pengendalian impor, misalnya program B20. Sementara itu, surplus neraca perdagangan nonmigas tercatat stabil di tengah perekonomian dunia yang melambat dan harga komoditas ekspor Indonesia yang menurun.


[Gambas:Video CNBC]





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading