Cadangan Devisa RI Naik Tinggi, Rupiah Tetap Tak Bergigi

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
07 November 2019 12:31
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih melemah hingga tengah hari ini. Rilis data cadangan devisa belum bisa mengangkat rupiah.

Pada Kamis (7/11/2019) pukul 12:00 WIB, US$ 1 setara dengan Rp 14.035. Rupiah melemah 0,18% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Kala pembukaan pasar, rupiah sudah melemah 0,14%. Selepas itu, rupiah belum bisa mentas dari zona merah dan dolar AS bertahan di kisaran Rp 14.000.



Sekitar pukul 10:00 WIB, Bank Indonesia (BI) merilis data cadangan devisa periode Oktober 2019. Hasilnya menggembirakan, karena cadangan devisa Indonesia menyentuh titik tertinggi sejak Februari tahun lalu.

Akan tetapi, data tersebut sepertinya kurang josss untuk membangkitkan rupiah. Padahal cadangan devisa yang naik tinggi bisa menjadi sentimen bagi rupiah, karena dengan 'amunisi' yang memadai BI bisa lebih leluasa melakukan stabilisasi nilai tukar mata uang.


Sepertinya gerak rupiah rupiah lebih ditentukan oleh faktor eksternal. Ini terlihat dari mata uang utama Asia yang juga kompak melemah di hadapan dolar AS.

Berikut perkembangan kurs dolar AS terhadap mata uang utama Benua Kuning pada pukul 12:09 WIB:




AS-China Bikin Bingung Sedunia
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading