Aturan Impor Mesin Bekas Bikin Pusing Pengusaha

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
01 November 2019 19:02
Ketentuan impor barang modal bukan baru membuat pengusaha pusing.
Jakarta, CNBC Indonesia - Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 76/2019 resmi diundangkan per 21 Oktober 2019 lalu. Aturan itu mengatur tentang ketentuan impor barang modal dalam keadaan tidak baru.

Aturan ini merupakan perubahan atas Permendag No 118/2018. Salah satu poin perubahan yakni mengenai ketentuan impor kapal bekas. Dalam aturan yang baru, kran impor kapal bekas dibuka lebar. Kapal bekas bisa diimpor dengan batas usia maksimal penggunaan 30 tahun untuk semua tipe.

Hal tersebut mulai membuat resah industri galangan kapal RI. Ketua Umum Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (Iperindo), Eddy Logam, menilai, regulasi ini terkesan kejar target.




Apalagi, aturan itu terbit menjelang berakhirnya Kabinet Kerja Jokowi-JK. Dia juga berpendapat, aturan ini bukan hanya bakal mematikan industri galangan kapal nasional tapi juga bertentangan dengan keinginan Presiden Joko Widodo untuk memajukan industri pelayaran nasional.

"Ini juga menjadi keluhan banyak pihak. Karena dengan tidak dibukanya kran impor kapal bekas seluruh tipe hingga usia 30 tahun saja, industri galangan sudah harus kerja keras agar bisa hidup dan bertahan," kata Eddy, pada awak media Jumat (1/11/2019) di Jakarta.

Sebelumnya, impor kapal bekas hanya dibolehkan untuk jenis tertentu saja yang tak bisa diproduksi di dalam negeri. Dengan adanya perubahan ini, dia khawatir industri galangan kapal Indonesia bisa bangkrut mendadak.

"Siap-siap gulung tikarlah galangan nasional. Kondisi bisnis industri galangan yang sudah dalam posisi terjepit, kini semakin parah," jelasnya.

Eddy juga menilai bahwa aturan ini bertentangan dengan keinginan Presiden Jokowi memperbaiki defisit transaksi berjalan. Dengan adanya aturan ini, dia bilang, kandungan konten lokal dalam industri dalam negeri juga akan bertambah.

"Padahal Kemenko Maritim dan Investasi, mencoba meningkatkan lokal konten, namun faktanya Kementerian Perdagangan membuka lebar-lebar impor kapal bekas," sesalnya.
(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading