Terungkap, Ini Pembagian Tugas 2 Wamen Erick Thohir

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
29 October 2019 18:49
Masing-masing Wamen akan membawahi puluhan BUMN.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki dua wakil menteri sekaligus untuk membantu kinerjanya. Lantas, bagaimana pembagian kerjanya?

Informasi yang diterima CNBC Indonesia, Budi Gunadi Sadikin akan menjadi Wakil Menteri I dan Kartika Wirjoatmodjo menjadi Wakil Menteri II. Terdapat 142 BUMN yang akan diawasi oleh kedua wakil menteri itu.

Sesuai dengan latar belakang kedua orang tersebut, Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama holding BUMN pertambangan PT Inalum (Persero) atau MIND ID bakal membawahi perusahaan pelat merah di sektor energi, pertambangan.


Sementara Kartiko, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri Tbk, bakal membawahi sektor perbankan dan keuangan.



Hal ini dibenarkan oleh Kartiko. "Saya kan pasti banking, asuransi, core asuransi. Ditambahi tugasnya sama Pak Erick di infrastruktur, konstruksi, dan pertanian serta perkebunan," kata Kartiko, saat dijumpai usai rapat di Kantor Menko Kemaritiman, Selasa (29/10/2019).

Ia juga membeberkan soal pembagian BUMN yang ada di bawah Budi Gunadi Sadikin. "Oil and gas, tambang, telekomunikasi, udah gede itu. Udah capek semua," jelasnya.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno menjelaskan ada perbedaan tugas antara deputi dan wakil menteri. "Nanti wamen mengkoordinasikan lintas deputi," katanya.

Sampai saat ini, ia juga belum menerima soal arahan perubahan tugas dari Menteri BUMN.
(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading