Bos Inalum Jadi Wamen BUMN, Bagaimana Nasib Freeport & Vale?

News - Anisatul Umah & Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
25 October 2019 16:41
Budi Gunadi Sadikin ditunjuk jadi Wamen BUMN, bagaiman nasib Freeport dan divestasi Vale?
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo menunjuk Budi Gunadi Sadikin menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara. Budi selama ini dikenal sebagai Direktur Utama PT Inalum (Persero) atau holding BUMN pertambangan yang salah satunya mengurus soal tambang emas raksasa, PT Freeport Indonesia.

Bukan cuma Freeport, Inalum yang kini bertransformasi menjadi MIND ID juga tengah ada pekerjaan rumah untuk menuntaskan 20% divestasi saham PT Vale Indonesia.

Dengan hijrahnya Budi Gunadi Sadikin, bagaimana nasib pengelolaan PT Freeport Indonesia dan divestasi Vale?


Dijumpai di kompleks Istana Kepresidenan, Budi Gunadi mengatakan kedua proyek tersebut akan berjalan terus sesuai rencana. Untuk divestasi Vale misalnya masih berjalan.

Bos Inalum Jadi Wamen BUMN, Bagaimana Nasib Freeport & Vale?Foto: BGS, Budi Gunadi Sadikin dan Kartiko Wiryoatmojo (CNBC Indonesia/Chandra Gian Asmara)




"Tenang, kita pasti tidak ingin itu gagal karena transaksinya Vale juga masih berjalan. Freeport juga walau sudah closing tapi kan development undergroundnya masih jalan," jelasnya, Jumat (25/10/2019).

Ia menjelaskan sebagai wakil menteri presiden mengarahkannya agar BUMN bisa bermanfaat untuk rakyat dengan berkoordinasi bersama Menteri BUMN Erick Thohir.

"Tugas saya membantu Pak Erick supaya memastikan yang diarahkan oleh Pak Presiden bisa berjalan, maunya cepat."

Rencananya, besok ia akan bertemu dan mulai rapat dengan Erick Thohir. Sementara untuk penggantinya di MIND ID perlu persetujuan dari Menteri, namun akan ada beberapa usulan yang diajukan.

Hal serupa juga dijelaskan oleh SVP Corporate Secretary Inalum Rendi Witular. "Posisi Dirut nanti akan ditentukan oleh Kementerian BUMN selaku pemegang saham. Selaku rapat umum pemegang saham," ujarnya Jumat, (25/10/2019).


[Gambas:Video CNBC]




(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading