Lah, Menteri Usia 20-25 Tahunnya Mana Nih Pak Jokowi?

News - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
23 October 2019 12:05
Lah, Menteri Usia 20-25 Tahunnya Mana Nih Pak Jokowi?
Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu yang dinanti dari pengumuman kabinet menteri hari ini adalah bakal hadirnya menteri milenial dan berusia muda, sekitar 20 sampai 25 tahun seperti yang pernah diumbar oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun, pagi ini begitu kabinet baru diumumkan satu-satunya menteri yang masih masuk kategori usia muda adalah Nadiem Makarim yang menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Memang, Nadiem masih masuk kategori milenial, meskipun di ujung banget, karena usianya masih 35 tahun.


Tapi, publik kadung berspekulasi menanti gebrakan Jokowi yang semula diperkirakan akan mengikuti jejak negara tetangga misalnya, yang punya menteri usia 20 tahunan.


Wacana menteri usia muda dan milenial ini dilontarkan oleh Jokowi pada Juli lalu. Kehadiran menteri muda ini, kata dia, diperlukan karena Indonesia membutuhkan orang-orang yang dinamis, fleksibel, dan mengikuti perkembangan zaman.

"Bisa saja ada menteri umur 20-25 tahun. Tapi, dia harus mengerti manajerial, manajemen, mampu mengeksekusi program yang ada. Umur 30-an juga akan banyak," kata Jokowi, saat itu.

[Gambas:Video CNBC]



Pagi ini, setelah kabinet baru diumumkan ternyata cuma satu milenial yang terselip sebagai menteri yakni Nadiem Makarim. Malah Presiden Jokowi tampaknya lebih banyak memilih dari kalangan partai dan orang-orang dengan latar belakang tentara, artinya ya masih begitu-begitu saja.

Tapi, perlu dicatat bahwa Nadiem menjadi menteri termuda dalam kabinet Indonesia Maju 2019-2024 dan jadi menteri termuda dalam kabinet sejak reformasi 1998. Saat ini usianya baru menginjak 35 tahun.

Lah, Menteri Usia 20-25 Tahunnya Mana Nih Pak Jokowi?Foto: Nadiem Makarim (CNBC Indonesia/Chandra Gian)


Sebelum menjadi Mendikbud, Nadiem merupakan salah satu pendiri Gojek. Startup ride hailing ini dibangun hampir satu dekade lalu oleh Nadiem dan rekannya, kini telah menjadi Decacorn (startup yang memiliki valuasi di atas US$ 10 miliar.




(gus/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading