Halo Pak Airlangga, Tugas Berat Menanti Sebagai Menko Ekonomi

News - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
23 October 2019 09:47
Hilirisasi Industri Jadi Fokus Perekonomian Indonesia

Hilirisasi Industri Jadi Fokus Perekonomian Indonesia

Namun jangan lupa juga bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Hal ini dapat jadi modal untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi Indonesia dan kesejahteraan rakyat.

Ketika harga komoditas naik maka akan membuat perekonomian Indonesia juga turut terangkat seperti pada tahun 2010-2011. Namun jika harga komoditas anjlok seperti sekarang ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia jadi agak seret.

Oleh karena itu, menurut Bank Dunia Indonesia perlu mengembangkan industri manufaktur yang mengolah hasil-hasil sumber daya alam untuk menjadi nilai tambah. Sejauh ini bahan baku sudah ada tinggal membangun industrinya saja.


Nah untuk membangun industri (hilirisasi industri) ini butuh yang namanya investasi. Sejauh ini investasi terutama penanaman modal asing (PMA) di Indonesia sudah mulai bergeser ke sektor yang padat modal ketimbang ke padat karya. Masalah investasi, sejauh ini PMA masih jadi penopangnya karena dari segi jumlah lebih besar.

Namun ada kecenderungan bahwa uang investor asing ini mengalir ke sektor jasa perdagangan serta keuangan. Mengutip data Badan Koordinasi Penanaman Modal, hingga saat ini lebih dari 50% PMA digelontorkan untuk sektor jasa. Sejak tahun 2016, realisasi investasi baik PMA maupun PMDN ke sektor manufaktur semakin mengecil proporsinya.

Kandidat Kuat Menko Perekonomian, Ini PR Airlangga Ke DepanSumber : BKPM

Nah inilah yang harus disikapi ke depannya. Menarik investor untuk menggelontorkan uang ke sektor padat karya seperti manufaktur terutama pengolahan hasil sumber daya alam supaya punya nilai tambah.

Untuk bisa menarik investor terutama investor asing maka perlu racikan kebijakan yang ampuh mulai dari stimulus fiskal, reformasi birokrasi dan kerangka kebijakan yang jelas. Inilah tugas besar pak Airlangga sebagai menko perekonomian.



BERLANJUT KE HALAMAN 3 >>
Defisit Neraca Perdagangan Perlu Ditekan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading