1.291 Akuntan RI Sudah Dapat Sertifikat ASEAN

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
16 October 2019 15:05
1.291 Akuntan RI Sudah Dapat Sertifikat ASEAN
Nusa Dua, CNBC Indonesia - Ketua Bidang Kerjasama Kelembagaan dan Korporasi Institut Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI) Haru Koesmahargyo mengatakan sebanyak 1.291 akuntan asal Indonesia sudah mendapatkan sertifikat ASEAN Chartered Professional Accountant (ASEAN CPA).

ASEAN CPA merupakan sertifikasi standar akuntan yang telah disepakati bersama dengan 10 negara ASEAN melalui Mutual Recognition Arrangement on Accountancy Services (MRA on Accountancy Services) atau kerja sama dalam layanan akuntansi.

Haru yang juga merupakan ketua pelaksanaan 1st ASEAN CPA di Bali, yang juga merupakan Direktur Keuangan BRI mengatakan, lewat perjanjian ini dapat mengembangkan kiprah para akuntan Indonesia untuk bisa kerja di negara ASEAN.


"Per 30 September, jumlah pemegang ASEAN CPA adalah sebanyak 3.770 orang. Dari Indonesia sebanyak 1.291 akuntan," ujar Haru saat ditemui dalam acara The 1st ASEAN CPA Conference di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/10/2019).

1.291 Akuntan Sudah Dapat Sertifikat ASEANFoto: FOTO : BRI


Haru mengatakan bahwa, dibanding negara ASEAN yang lain, Indonesia merupakan negara yang mempunyai porsi terbesar akuntan yang memiliki sertifikat ASEAN CPA.

Haru merinci, 873 akuntan dari Malaysia, 593 akuntan dari Thailand, 592 akuntan dari Singapura, 403 akuntan dari Myanmar dan 18 akuntan dari Filipina.

"Masing-masing negara di ASEAN sudah mulai sama-sama mengakui dan mengakui soal standar akuntansi. Sehingga para akuntan mempunyai kapabilitas yang sama," tuturnya.

Lewat sertifikat ASEAN CPA ini, lanjut Haru, para akuntan dari Indonesia memiliki kesempatan untuk berkarir di luar Indonesia, atau tepatnya di 10 negara ASEAN.

"Oleh karena itu di Indonesia yang sudah dapat sertifikat akuntan ini itu bisa berkiprah atau bekerja di negara ASEAN yang sama-sama sudah saling mengakui," paparnya.

Untuk diketahui, Penyelenggaraan The 1st ASEAN CPA Conference merupakan kerja sama Kementerian Keuangan dan Sekretariat ASEAN yang berkolaborasi dengan Ikatan Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI), dan ASEAN Federation of Accountants (AFA).

Haru berharap acara ini dapat menjadi wadah bagi para ASEAN CPA untuk menjalin komunikasi serta saling tukar informasi terkini mengenai perkembangan industri Accounting Services, roadmap ASEAN CPA dan Blueprint ASEAN Economic Community 2025.







(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading