RI Sepakati Kerja Sama Kualifikasi Akuntan se-ASEAN

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
16 October 2019 14:28
RI Sepakati Kerja Sama Kualifikasi Akuntan se-ASEAN
Nusa Dua, CNBC Indonesia - Indonesia bergabung dengan negara-negara di ASEAN menyepakati kesetaraan kualifikasi tenaga kerja bidang akuntansi. Kesepakatan itu tertuang dalam Mutual Recognition Arrangement on Accountancy Services (MRA on Accountancy Services) atau kerja sama dalam layanan akuntansi.

Sesuai dengan perjanjian ini, para pemegang sertifikat ASEAN Chartered Professional Accountant (ASEAN CPA) memiliki kualifikasi yang setara dan dapat melakukan praktik di 10 negara ASEAN.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, mengatakan peran akuntan sangat penting dalam instansi, baik itu instansi pemerintah maupun swasta.


Terlebih, lanjut Sri Mulyani pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Osaka, Jepang belum lama ini, telah menyepakati untuk bekerja sama mewujudkan sistem perpajakan internasional yang transparan.

RI Sepakati Kerja Sama Kualifikasi Akuntan se-ASEANFoto: Cantika Dinda / (CNBC Indonesia)


Lewat MRA on Accountacy Services ini, kata dia sangat membantu dalam mengharmonisasi program yang disepakati dalam KTT G20 tersebut.

"Peran akuntan lewat MRA on Accountancy Services sangat membantu para profesional untuk menciptakan dan mendukung transparansi untuk keseluruhan program," tutur Sri Mulyani saat membuka acara The 1st ASEAN CPA di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/10/2019).

Selain itu kata dia, lewat perjanjian ini membuka peluang bagi para akuntan profesional untuk berkontribusi agar ASEAN dapat mencapai potensi ekonominya secara keseluruhan.

"ASEAN adalah salah satu pasar dunia yang bertumbuh dengan cepat dan kemudian menjadi wilayah dengan kekuatan ekonomi besar. Oleh karena itu, profesi sebagai akuntan penting untuk memastikan ekonomi terus tumbuh kuat, bisnis terus berkembang dan akuntabilitas tetap teratas," ujarnya.






(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading