Sri Mulyani: Kejar Ekonomi 5% Itu Perlu Kerja Keras & Waspada

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
16 October 2019 12:01
Sri Mulyani: Kejar Ekonomi 5% Itu Perlu Kerja Keras & Waspada
Nusa Dua, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati masih optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2019 di atas 5%. Walaupun terjadi gejolak ekonomi global dan situasi perang dagang yang terus berkecamuk.

"Seperti saya sebutkan, keseluruhan tahun kita 5,08% dan ini memang terlihat tekanan yang terbesar pada ekspor. Karena ekspor mengalami negatif growth itu tentu akan mengurangi daya dorong di Indonesia," kata Sri Mulyani di Nusa Dua, Rabu (16/10/2019).

Menurut Sri Mulyani selain ekspor, impor pun mengalami pertumbuhan negatif. Untuk itu, Sri Mulyani mengatakan confidence dari sisi iklim investasi harus diperbaiki.


Sri Mulyani: Kejar Ekonomi 5% Itu Perlu Kerja Keras & WaspadaFoto: CNBC Indonesia


"Secara keseluruhan, ekonomi Indonesia masih tumbuh di atas 5%. Mungkin dibandingkan negara lain, seperti yang disampaikan IMF, ekonomi China sekarang bahkan di bawah 6% di sekitar 5,8%," paparnya.

Lebih jauh, Sri Mulyani mengatakan India juga mungkin mulai turun di bawah 6% dan di negara-negara Eropa juga mengalami tekanan. "Kita melihat ekonomi dunia memang mengalami down side risk karena perang dagang 2018."

"Dampaknya mulai terasa sekali di 2019 ini. Jadi untuk tetap menjaga di atas 5% ini juga perlu harus berkerja keras dan waspada," tuturnya.









(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading