JK: Peringkat Kompetitif Kita di Bawah Thailand & Vietnam

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
10 October 2019 09:29
JK: Peringkat Kompetitif Kita di Bawah Thailand & Vietnam
Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Presiden Jusuf Kalla angkat bicara perihal peringkat daya saing global (global competitiveness index) Indonesia dari World Economic Forum (WEF) yang turun dan masih kalah dibandingkan negara lain.

Berbicara di Kantor Wakil Presiden, JK menegaskan bahwa peringkat daya saing Indonesia masih kalah dibandingkan negara-negara kawasan seperti Thailand dan Vietnam.

"Itu selalu kita bicarakan, bahwa tingkat kompetitif kita di bawah Thailand, Vietnam. Mereka lebih baik dari kita. Kita menyadari itu, sehingga harus diperbaiki," kata JK, seperti dikutip CNBC Indonesia, Kamis (10/10/2019).


Dalam pagelaran SDGs Annual Conference 2019 di Senayan, Jakarta, Selasa lalu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memandang bahwa persoalan regulasi menjadi alasan peringkat daya saing Indonesia masih kalah dari negara lain.

Dia juga menegaskan perlu adanya peningkatan keterlibatan sektor bisnis, filantropi, organisasi non-pemerintah, dan generasi muda dalam inovasi pembiayaan untuk Sustainable Development Goals (SDGs).

"Untuk mencapai 17 tujuan dalam roadmap SDGs tidak bisa hanya mengandalkan APBN. Karenanya perlu dibentuk SDG's Financing Hub," kata Bambang.


Pada pekan ini, kabar kurang sedang datang dari WEF. Dalam laporan Global Competitiveness Report 2019, Indonesia berada di peringkat 50 dari 141 negara, turun lima peringkat dibandingkan tahun sebelumnya.

"Ya karena regulasi kita terlalu rumit dan institusi pemerintah yang belum terlalu ramah investasi," kata Bambang.

Dalam laporan WEF, Indonesia mengumpulkan skor 64,6 atau turun tipis 0,3 dibandingkan tahun lalu. Adapun kekuatan utama Indonesia menurut WEF adalah pasar dengan nilai 82,4 dan stabilitas ekonomi dengan poin 90.

Sementara itu, Singapura menempati urutan pertama dalam laporan tersebut sebagai negara yang memiliki daya saing terbaik dengan skor 84,8. Di Asia Tenggara, Indonesia berada di posisi keempat setelah Singapura yakni Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.



(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading