Competitiveness Report 2019

Pak Jokowi Peringkat Indonesia Jeblos ke Posisi 50? Kok Bisa?

News - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
10 October 2019 06:54
Pak Jokowi Peringkat Indonesia Jeblos ke Posisi 50? Kok Bisa?
Jakarta, CNBC Indonesia- World Economic Forum (WEF) mengeluarkan daftar peringkat negara paling kompetitif di dunia. Dalam laporan tersebut, Singapura terpilih sebagai negara terkompetitif dalam Laporan Daya Saing Global 2019 lembaga itu.

Singapura unggul dari 141 negara yang diukur indikator daya saingnya. WEF mengukur 12 indikator utama mulai dari inflasi, keterampilan digital, dan tarif perdagangan hingga usia harapan hidup.

Singapura juga berhasil menyingkirkan AS yang sebelumnya mendapat peringkat teratas di 2018. Perang dagang dengan China, menjadi salah satu alasan mengapa posisi AS turun.


Namun sayangnya, berbeda dari Singapura, Indonesia hanya mampu menempati peringkat ke 50 dari 141 negara atau turun 5 peringkat dari penilaian yang sama di 2018 lalu.


Dari 12 indikator yang diukur, Indonesia hanya mendapat nilai sebesar 64,6 atau -0,3 dibanding 2018. Sementara Singapura memperoleh nilai 84,8, Malaysia 74,6 dan Thailand 68,1.

Indikator itu antara lain institusi, infrastruktur, informasi dan teknologi, stabilitas makroekonomi, kesehatan, dan keahlian. Ada juga produk, tenaga kerja, sistem keuangan, kapasitas pasar, dinamisasi bisnis dan kapasitas inovasi.

Kekuatan utama Indonesia adalah kapasitas pasarnya dan stabilitas makroekonomi. Keduanya mendapat nilai tinggi 82 dan 90. Sayangnya kinerja pada pilar lain perlu perbaikan.

Budaya bisnis yang dinamis dan sistem keuangan yang stabil masing-masing memperoleh nilai 69 dan 64. Sementara adopsi teknologi berada di score 55 dan kapasitas inovasi masih terbatas di score 37.




(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading