Internasional

Bukan Cuma Bank, Tsunami PHK Melanda Karyawan Perusahaan Ini

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
07 October 2019 17:06
Jakarta, CNBC Indonesia - Melemahnya ekonomi ditambah dengan ketidakpastian global akibat perang dagang membuat sejumlah perusahaan global melakukan efisiensi. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada karyawannya.

Baru-baru ini, sejumlah bank besar global mengumumkan akan merumahkan karyawannya. Bukan hanya perbankan, perusahaan otomotif, komputer hingga start up juga melakukan hal yang sama.


Berikut rangkuman CNBC Indonesia terkait perusahaan-perusahaan yang melakukan PHK di 2019 dan akhir 2018.


HSBC

HSBC Holdings Plc (HSBA.L) dikabarkan segera melakukan PHK pada 10.000 karyawannya. Sebagaimana dikutip dari Reuters yang melansir Financial Times, PHK dilakukan sebagai upaya efisiensi perusahaan.

"Rencana ini merupakan upaya serius untuk memangkas biaya," tulis media tersebut. "Pemotongan akan fokus pada mereka yang bergaji tinggi,".

Diperkirakan HSBC akan mengumumkan kebijakan ini saat melaporkan hasil kinerja Q3 2019. Sebelumnya, HSBC sempat berencana memangkas 4000 karyawan tahun ini.

Meningkatnya ketidakpastian global karena ketegangan perdagangan antara China dan AS menjadi penyebab. Belum lagi, sejumlah masalah geopolitik seperti Brexit dan krisis Hong Kong.

Meski demikian, belum ada komentar dari HSBC. HSBC Holding plc merupakan bank investasi dan jasa keuangan yang berpusat di Inggris dan terbesar di Eropa.

HP

Awal Oktober 2019, HP mengumumkan rencana memangkas lebih dari 10% karyawannya di seluruh dunia. Sekitar 9.000 karyawan akan dirumahkan dalam tiga tahun ke depan, dari total karyawannya di seluruh dunia yang mencapai 55.000 orang.

Merampingkan operasi dan memangkas biaya operasional menjadi alasan HP. "Kami mengambil langkah tegas untuk memasuki era selanjutnya," ujar calon CEO HP, Enrique Lores, yang akan menjabat November nanti, seperti dilansir dari AFP.

Ke depan, HP akan fokus pada strategi seperti menjual printer dengan harga kompetitif. Penjualan tinta printer juga akan digenjot perusahaan.

HP merupakan perusahaan komputer dan printer. Perusahaan ini berbasis di Amerika Serikat. PHK akan dilakukan hingga 2022.



BERLANJUT KE HAL 2 >>>>


Bukan Cuma Bank, Tsunami PHK Melanda Karyawan Perusahaan Ini
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading