Top! Pesawat R80 BJ Habibie Masuk Program Prioritas Jokowi

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
02 October 2019 16:08
Top! Pesawat R80 BJ Habibie Masuk Program Prioritas Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia - Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) tengah fokus mengerjakan 223 Proyek Strategis Nasional (PSN) dan 3 program prioritas. Seluruh pekerjaan itu memiliki nilai investasi mencapai Rp 4.180 triliun.

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, menyebut, dari 3 program prioritas itu, salah satunya ialah program pengembangan industri pesawat terbang. Saat ini, program yang merupakan ide almarhum BJ Habibie akan dikembangkan.

"Program pesawat terbang, ada yang akan dikembangkan oleh Kemenperin, ada yang dikembangkan oleh almarhum Pak Habibie," kata Darmin dalam sebuah seminar di Hotel Ayana, Jakarta, Rabu (2/10/2019).




Mengutip data KPPIP, pengembangan ide pesawat BJ Habibie itu bernama program industri pesawat jarak menengah R80. Program tersebut butuh investasi mencapai Rp 6,75 triliun.

Selain dari APBN, program itu diharapkan juga didanai oleh BUMN dan swasta. Ditargetkan proyek itu mulai dikerjakan pada 2023.

Ketua Tim Pelaksana KPPIP, Wahyu Utomo KPPIP menambahkan bahwa dari total PSN dan program prioritas, sampai saat ini kami 80,3% telah masuk dalam tahap konstruksi. Dia berharap proyek yang sudah dikonstruksi itu segera rampung.



"Ini menjadi tugas kami dari KPPIP dan butuh dukungan dari Kementerian/Lembaga terkait," katanya.

Selain itu, masih ada 39 proyek dan 1 program yang belum masuk konstruksi. Dia masih berupaya agar sisa proyek ini segera terealisasi.

"Yang masih dalam tahap persiapan sebanyak 39 proyek dan satu program industri pesawat yang bernilai Rp 621 triliun yang ini pun kami akan coba dorong masuk dalam tahap konstruksi," katanya. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading