Besok, Ribuan Buruh akan Kepung DPR

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
01 October 2019 15:24
Besok, Ribuan Buruh akan Kepung DPR
Jakarta, CNBC Indonesia - Gedung DPR-RI Jakarta bakal kembali jadi sasaran pada pendemo. Setelah aksi mahasiswa dan STM beberapa waktu lalu, kali ini para buruh juga akan turun ke jalan. Jumlahnya diperkirakan ribuan peserta.

Namun, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) memastikan buruh akan melaksanakan aksi damai di depan gedung DPR/MPR RI, besok, Selasa (2/10/2019) atau sehari setelah pelantikan anggota DPR/MPR RI.




Ada tiga tuntutan yang akan disampaikan, di antaranya penolakan usulan revisi UU 13/2003 tentang Ketenagakerjaan, penolakan kenaikan iuran BPJS Kesehatan, dan meminta revisi PP 78/2015 tentang pengupahan.

"Aksi buruh tetap dilaksanakan besok, Jabodetabek dipusatkan di DPR. Dan ini aksi damai dan tidak disisipi sikap politik manapun. Tidak ada kaitan untuk menggagalkan pelantikan presiden atau berhadapan dengan pemerintah yang sah," kata Said Iqbal kepada CNBC Indonesia melalui sambungan telepon, Senin (1/10/2019).

Ia menambahkan, KSPI mengakui Joko Widodo sebagai presiden yang sah secara konstitusional yang akan dilantik pada 20 Oktober 2019 mendatang. Hal ini disampaikannya untuk membantah dugaan politis dalam aksi mereka besok.



Rencana aksi buruh sebelumnya telah disampaikan Said Iqbal pada awal September 2019. Demo ini akan digelar serentak di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Jogjakarta, Makassar, Batam, Medan, dan Banjarmasin. 

Jumlah peserta aksi yang bakal datang ke Jakarta diperkirakan sekitar 50.000-70.000 orang. Iqbal berharap anggota DPR terpilih yang baru mendengarkan aspirasi mereka.

"Kita secara total 150.000 orang di 10 kota industri, " kata Said Iqbal. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading