Aplikasi VOD GoPlay Bikin Industri Film RI Semakin Bergairah

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
26 September 2019 16:08
Aplikasi VOD GoPlay Bikin Industri Film RI Semakin Bergairah
Jakarta, CNBC Indonesia- Adanya platform video on demand (VOD) milik Gojek yakno GoPlay, dinilai dapat memberikan angin segar bagi investor di sektor film.

Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Fajar Hutomo mengatakan kehadiran GoPlay bisa membuat industri perfilman bisa meningkat karena ruang pengembalian investasi lebih luas. Dengan adanya paltform ini, kesempatan industri film bukan hanya di layar lebar melainkan juga ruang digital.

"Bekraf juga mau mengedukasi investor, dengan kehadiran GoPlay ini membuat investasi perfilman bergairah, karena ruang pengembalian investasinya lebih luas," kata Fajar usai peluncuran GoPlay, Rabu (26/09/2019).




Dia mengatakan produksi film makin banyak dan penonton makin meningkat, pada 2018 jumlah penonton mencapai 80 juta orang. Rasio pertumbuhan film Indonesia pun naik. Tahun ini saja ada 11 film Indonesia yang penontonnya mencapai 1 juta orang.

Gojek telah meluncurkan GoPlay, sebagai platform video on demand pertamanya. Berbeda dengan platform lainnya, GoPlay memberikan akses lebih luas untuk konten unik dan berkualitas, yang sejalan dengan misi mengoptimalkan industri film di Indonesia. GoPlay juga merupakan aplikasi terpisah kedua setelah GoLife.

Co-Founder Gojek Kevin Aluwi mengatakan kehadiran GoPIay memberikan kemudahan bagi para pecinta film dan serial Bisa menikmati beragam konten di manapun, kapanpun.

GoPlay juga menyajikan konten yang diproduksi sendiri, yaitu GoPlay Originals, maupun konten eksklusif menarik lainnya. Pengguna juga dapat mengunduh konten dan menikmatinya secara offline dengan kualitas high definition, menggunakan perangkat mobile.


"Di sisi industri kreatif terutama industri konten dan film, kami melihat masih terdapat tantangan dalam menyediakan akses kepada penonton. Namun di sisi lain, penetrasi internet dan Smartphone yang cukup tinggi memberikan peluang bagi para sineas nasional agar karya mereka dapat dinikmati masyarakat banyak," kata Kevin saat peluncuran GoPlay, Rabu (26/09/2019).

Sebelumnya GoPlay versi beta telah diluncurkan secara terbatas untuk 20 ribu penggunanya. Dia juga berharap GoPlay dapat menciptakan dampak sosial ekonomi yang positif bagi kemajuan ekosistem industri kreatif di Indonesia.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading