Lebihi Standar Industri, Gojek Lindungi Penumpang Perempuan

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
11 March 2020 14:06
Gojek memastikan memberikan keamanan melebihi standar industri, terutama bagi perempuan saat menggunakan aplikasi melalui fitur Gojek Shield.
Jakarta, CNBC Indonesia- Demi meningkatkan komitmen keamanan terutama bagi perempuan, super app Gojek melakukan inisiatif #AmanBersamaGojek bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional. Gojek memastikan memberikan keamanan melebihi standar industri, terutama bagi perempuan saat menggunakan aplikasi melalui fitur Gojek Shield.

"Bagi kami keamanan dan keselamatan adalah prioritas utama, khususnya bagi perempuan melalui Gojek Shield untuk memberikan rasa aman saat menggunakan aplikasi Gojek. Kami bekerja ekstra keras melebihi standar industri untuk memastikan keamanan bagi perempuan di malam hari," kata SVP Transport Marketing Gojek Monita Moerdani di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Berdasarkan catatan Gojek sekitar 55% dari total perjalanan GoRide dan GoCar di malam hari dilakukan oleh pelanggan perempuan. Adanya Gojek Shield pihaknya memastikan keamanan dari sebelum mukai perjalanan, selama perjalanan, dan saat darurat dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan.


Fitur Go Shield di antaranya adalah penyamaran nomor telepon, baik pelanggan maupun driver, fitur bagikan perjalanan, serta tombol darurat yang terhubung dengan customer care dan unit darurat siaga 24/7 dan mengadopsi perspektif korban. Khusus untuk fitur bagikan perjalanan Gojek mencatat telah digunakan rata-rata 200 ribu kali per bulan.


"Komitmen kami bukan hanya di aplikasi tapi juga di luar aplikasi melalui pilar proteksi dan edukasi. Dua inisiatif utama sebagai perwujudan komitmen ini ditandai oleh peluncuran zona aman bersama Gojek dan pelatihan active bystander untuk mitra GoRide dan GoCar," katanya.

Zona aman bersama Gojek merupakan ruang ramah perempuan yang akan memanfaatkan shelter atau titik jemput di berbagai lokasi. Keunggulan zona aman bersama Gojek ini ada di lokasi strategis, dekat keramaian, dan berada di titik transportasi publik.

"Banyak insiden keamanan yang terjadi pada perempuan di ruang publik karena kurangnya ruang publik yang ramah perempuan dan kesadaran publik akan kekerasan seksual," katanya.


Zona aman bersama Gojek mengacu pada kajian After Dark: Encouraging Safe Transit for Women Travelling at Night dari UN Women dan Pulse Lab Jakarta, untuk memahami keamanan dan mobilitas perempuan di wilayah perkotaan khususnya malam hari.

[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading