Internasional

Tuduh Danai Terorisme, AS Beri Sanksi ke Bank Sentral Iran

News - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
23 September 2019 06:15
Tuduh Danai Terorisme, AS Beri Sanksi ke Bank Sentral Iran
Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat tidak main-main dalam ancamannya terhadap Iran. Kali ini, Presiden AS Donald Trump resmi menaikkan sanksi pada negara Teluk, sebagaimana yang diutarakannya akhir pekan lalu.

AS menjatuhkan sanksi kepada Bank Sentral Iran. Donald Trump mengatakan bank sentral Iran kerap memberi pembiayaan pada kelompok yang ditegaskan Trump "teroris".

Antara lain dana kepada Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) dan kelompok Hezbollah. AS juga memberi sanksi pada Dana Pembangunan Nasional Iran dan Etemad Tejarate Pars Co, yang juga dituduh memberi dana ke teroris.



"Serangan kurang ajar Iran terhadap Arab Saudi tidak bisa diterima. Tindakan Departemen Keuangan menargetkan mekanisme pendanaan penting yang digunakan rezim Iran untuk mendukung jaringan terorisnya, termasuk Pasukan Quds, Hezbollah, dan militan lain yang menyebarkan teror dan mengacaukan kawasan," kata Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin sebagaimana dilansir dari Reuters.

"Amerika Serikat akan melanjutkan kampanye tekanan maksimumnya terhadap rezim represif Iran, yang berupaya mencapai agenda revolusionernya melalui agresi regional sambil menghambur-hamburkan hasil minyak negara itu,".

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengecam saksni AS pada bank sentral Iran. Ia bahkan mengatakan hal tersebut merupakan bukti kalau AS sudah sangat putus asa.

"Ini tanda keputus-asaan AS. Mereka berulang kali memberi sanksi ke lembaga uyang sama, ini berarti upaya untuk membuat Iran bertekuk lutut di bawah tekanan telah gagal," katanya.


Sebelumnya, melalui Twitternya, Trump memerintahkan Departemen Treasury untuk secara substansial menaikkan sanksi ke Teheran. Cuitan tersebut ditulis Trump di akun Twitter pribadinya @realDonaldTrump, Rabu (18/9/2019) waktu setempat.

Pengumuman Trump ini dilakukan setelah sebelumnya AS menuduh Iran berada dibalik serangan pemberontak Houthi ke Arab Saudi. Sabtu, pemberontak Houthi mengebom Hijra Khurais dan fasilitas kilang minyak mentah di Abqaiqi.



(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading