Akhirnya! Jokowi Sebut Riau Siaga Darurat, Ini Instruksinya

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
16 September 2019 20:39
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas dengan topik Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.
Jakarta, CNBC indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas dengan topik Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Asap pekat yang dipicu kebakaran hutan dan lahan memang telah berdampak pada kualitas udara di sejumlah daerah. Kepala negara, pun dijadwalkan untuk mengecek langsung kondisi tersebut.

Melalui sebuah video yang diunggah Sekretariat Kepresidenan, seperti dikutip CNBC indonesia, Senin (16/9/2019), Jokowi menegaskan bahwa kondisi kepulauan Riau saat ini sudah dalam status siaga darurat.




"Riau status siaga darurat. Luas lahan yang terbakar juga sudah mencapai puluhan ribu hektare. Jangan sampai ini menggangu aktivitas penerbangan, sehingga berimbas kepada aktivitias ekonomi di Riau," kata Jokowi.

Jokowi mengaku telah meminta jajaran Kabinet Kerja dan pemerintah daerah bersinergi untuk menangani masalah kebakaran hutan. Berbagai instruksi pun sudah diberikan, dan tinggal diimplementasikan.

"Hari Jumat lalu saya sudah perintah ke Panglima, Kepala BNPB, itu dilakukan hujan buatan. Sudah dikerjakan, dan hari ini juga kita harapkan dilakukan yang sama. Pasukan kita tambahkan," tegasnya.

"Tetapi sekali lagi kalau tidak ada dukungan dari pemerintah daerah, ini adalah pekerjaan besar yang sulit diselesaikan. Pengalaman kita bertahun-tahun sebelumnya seperti itu. Kuncinya di pencegahan, jangan sampai ada titik api muncul," tegasnya.


Jokowi telah meminta kepada aparat hukum untuk bertindak tegas baik itu kepada perusahaan maupun perorangan atas masalah ini, serta meminta seluruh jajarannya memastikan kebakaran tidak merembet ke pemukiman masyarakat sekitar.

"Lakukan pencegahan agar tidak merembet ke lokasi lain, baik di Gambut maupun di hutan. Apalagi masuk ke wilayah pemukiman," tegasnya.

[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading