Pak Jokowi, Jadi Di Mana Lokasi Calon Ibu Kota Baru?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
24 August 2019 17:25
Jokowi memastikan akan memindahkan ibu kota ke Kalimantan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan memindahkan ibu kota ke Kalimantan. Kepala negara bahkan telah meminta izin parlemen untuk mengeksekusi rencana ambisius tersebut.


Meski demikian, Jokowi masih menutup rapat-rapat lokasi persis calon ibu kota baru dengan alasan masih dalam kajian. Lantas, sebenarnya di mana sih calon ibu kota baru yang akan menggantikan DKI Jakarta?


Beberapa dokumen dan sumber yang diperoleh CNBC Indonesia beberapa waktu lalu, terungkap bahwa salah satu wilayah yang siap menjadi Ibu Kota Negara baru Indonesia adalah di daerah Samboja


Samboja merupakan salah satu kecamatan yang terletak di wilayah pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara dengan luas wilayah mencapai 1.045,90 km2.

Pak Jokowi, Jadi Di Mana Lokasi Calon Ibu Kota Baru?Foto: Infografis/Ibu Kota di Kalimantan Bagian Timur Ini Kandidat Terkuatnya/Arie Pratama

Mengutip situs Kutai Kartanegara, Samboja memiliki penduduk 74.402 jiwa pada 2014 lalu dan memiliki letak yang strategis karena langsung berhubungan dengan pintu gerbang Kalimantan Timur.

Ketua DPD Realestate Indonesia (REI) Kalimantan Tur Bagus Susatyo mengatakan memang belum ada kepastian apakah lokasi ini jadi ibu kota baru di Kalimantan. Namun, secara lokasi, kawasan Samboja memang memungkinkan jadi tempat ajang spekulasi para spekulan tanah. 


"Lokasinya di tengah antara Balikpapan dan Samarinda, di pinggir hutan lindung Bukit Seoharto," kata Bagus kepada CNBC Indonesia.

Bagus mengatakan lokasi Bukit Soeharto yang statusnya hutan lindung tak mungkin bisa dikuasai secara perorangan atau perusahaan. Di sisi lain, pemerintah juga menegaskan, Bukit Soeharto tak akan disentuh sebagai lokasi ibu kota yang baru. 

Pak Jokowi, Jadi Di Mana Lokasi Calon Ibu Kota Baru?Foto: infografis/ infografis : wacana pindah ibu kota RI dari zaman kolonial hingga jokowi/ Aristya Rahadian Krisabella

Jadi, sambung Bagus, lokasi yang paling memungkinkan yang bisa jadi tempat spekulasi adalah wilayah sekitarnya, Kecamatan Samboja memang menempel dengan kawasan Bukit Soeharto. 

"Luas Bukit Soeharto mencapai 280 ribu hektar tapi punya negara, jadi yang bisa diperjualbelikan yang ada di batas pinggir-pinggir Bukit Soeharto, seperti kawasan Samboja," katanya. 


Meskipun tak ada jawaban pasti apakah Samboja akan menjadi ibu kota baru, namun Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil justru memunculkan sinyal bahwa ibu kota akan berada di Kalimantan Timur.

Meskipun pernyataan tersebut telah diklarifikasi menjadi salah satu calon ibu kota, namun bukan tidak mungkin Samboja yang tidak berada jauh dari wilayah Kalimantan Timur akan menjadi ibu kota baru.


"[Kaltim] itu alternatifnya, antara lain. Itu saya koreksi. Salah satu alternatif. Tunggu saja, ada beberapa studi yang dikerjakan Bappenas nanti presiden akan umumkan," kata Sofyan saat dikonfirmasi.

Jokowi pun sudah menerima kajian yang dilakukan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas terkait pemindahan ibu kota. Mulai dari kajian struktur tanah dan kajian dampak ekonomi pemindahan ibu kota. 

Belum diketahui kapan Jokowi akan mengumumkan lokasi ibu kota baru.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading