Makin Liar, Ini Lokasi Lain Calon Ibu Kota di Kaltim

News - Suhendra, CNBC Indonesia
23 August 2019 06:20
Makin Liar, Ini Lokasi Lain Calon Ibu Kota di Kaltim
Jakarta, CNBC Indonesia - Spekulasi soal lokasi persis calon ibu kota negara di Kalimantan Timur (Kaltim) masih terus bergulir dan makin liar. Kecamatan Samboja di Kutai Kartanegara salah satunya masuk dalam daftar.

Namun, lokasi persis ibu kota baru yang sudah dipastikan di Kaltim memang masih misteri. Beberapa wilayah di Kaltim lainnya juga disebut-sebut sebagai lokasi kandidat. Presiden Jokowi menegaskan masih menunggu beberapa kajian sebelum mengumumkan lokasi persisnya.

Ketua DPD Realestate Indonesia (REI) Kaltim Bagus Susatyo mengatakan ada beberapa wilayah di Kaltim selain Samboja yang sempat namanya beredar. Ada Kelurahan Sotek, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara. Selain itu, sempat ada nama Kelurahan Semoi Dua, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.



"Semoi Dua perbatasan dengan Bukit Seoharto, lokasinya dari Samboja ke arah Penajam, termasuk Desa Sotek," kata Bagus kepada CNBC Indonesia, Kamis (22/8).
Ia mengatakan lokasi Sotek hanya berjarak sekitar 2 Km dari Semoi Dua. Sedangkan, jarak Sotek ke Samboja yang lebih pesisir, mencapai 20 Km. Ia mengatakan kawasan-kawasan yang disebutkan di atas memang bukan kawasan yang padat penduduk.

"Antara Samarinda dan Balikpapan, di tengah-tengah itu lahan kosong, ada beberapa perkebunan, relatif tak ada hunian berkembang di sana," katanya.

Menurut Bagus lokasi-lokasi selain Samboja seperti Semoi atau Sotek memang punya kelebihan karena sebagian besar masuk area lahan milik negara. Bila menjadi calon lokasi ibu kota maka akan mudah proses penguasaan lahannya sehingga mencegah persoalan lahan di calon ibu kota baru.

"Seperti pernyataan Pak Bambang, ini untuk menghindari spekulasi tanah, ditempatkan tanah milik negara, bisa hutan produksi dan hutan lindung, untuk mengindari konflik tanah," katanya.



Sejauh ini Samboja jadi kecamatan di Kaltim yang cukup santer diperbincangkan sebagai calon ibu kota baru. Namun, sampai saat ini belum diketahui lokasi pastinya. Samboja, Sotek, atau Semoi atau wilayah lainnya di Kaltim berpeluang menjadi lokasi persis ibu kota yang baru. Wilayah-wilayah itu berdekatan dengan pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan tol, bandara, pelabuhan dan lainnya.


(hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading