JK: Ekonomi Sekarang tak Digerakkan Saya yang BMW Generasi 7

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
18 August 2019 14:11
JK: Ekonomi Sekarang tak Digerakkan Saya yang BMW Generasi 7
Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Presiden Jusuf Kalla menekankan pentingnya para pemuda untuk memulai bisnis. Apalagi, roda perekonomian kini memang sudah saatnya dipegang oleh anak muda.

"Sekarang ekonomi tentu tidak digerakkan oleh saya yang seperti BMW generasi 7," katanya dalam pembukaan acara "Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Ignite The Nation 1000 Start Up Digital Indonesia" Minggu (18/8/2019).

"Saya mulai usaha seusia Anda, 20 tahun. Jadi sebenernya kita hanya ganti-gantian saja. Namanya estafet bangsa, cuma caranya beda-beda,".



Ia mengatakan jika anak muda tidak mau memulai bisnis, maka RI akan selamanya menjadi konsumen sejumlah negara, seperti China dan Jepang. "Contohnya mau beli di Amerika semua made in China," ujarnya lagi.

Meski demikian, ia meminta agar anak muda yang akan memulai bisnis tidak hanya terpaku pada startup platform saja. Bentuk produk fisik juga menjadi hal yang harus diinovasikan.

"Sehebat apapun platform itu, jika tidak ada yang dijual apa artinya? Yang dijual itu sesuatu yang berbentuk. Baju, kue, dan lain-lain. Jadi harus ada bentuk. Jadi jangan berpikiran bahwa semua startup itu dengan platform saja. Harus ada yang memajukan produksi," jelasnya.

[Gambas:Video CNBC] (sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading