Video Breaking News

Ekonom : Target Pemerintah Sulit Tercapai

News - CNBC Indonesia TV, CNBC Indonesia
16 August 2019 19:47
Jakarta, CNBC Indonesia- Berdasarkan paparan Nota Keuangan dan RAPBN 2020 yang dibacakan Presiden Joko Widodo dalam rapat paripurna DPR-RI, asumsi pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi 2020 adalah sebesar 5,3% dengan konsumsi dan investasi sebagai motor penggerak utamanya. 

Menanggapi hal ini, Kepala Ekonom BCA, David Sumual menilai untuk tahun 2019, asumsi pertumbuhan ekonomi 5,3% sangat berat untuk dicapai, mengingat puncak pertumbuhan ada di kuartal 1 sebesar 5,06% sementara kuartal 3 ini akan sulit untuk tumbuh lebih tinggi mengingat konsumsi domestik dan investasi relatif flat, begitu pula dengan kontribusi ekspor komoditas juga tidak bisa diharapkan. Sementara asumsi pemerintah untuk tahun 2020 dinilai cukup seimbang menempatkan optimisme pertumbuhan 5,3% namun di sisi lain cukup berhati-hati dengan asumsi defisit 1,76% dari PDB, hal ini direspon pasar dengan cukup positif.    

Selengkapnya saksikan dialog Pangeran Punce dengan Kepala Ekonom BCA, David Sumualdalam Closing Bell, CNBC Indonesia (Jum'at, 16/8/2019).
Video Lainnya
    spinner loading