Jokowi Optimistis RI Bisa Bikin Minyak Sawit Jadi Solar 100%

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
16 August 2019 13:04
Jokowi Optimistis RI Bisa Bikin Minyak Sawit Jadi Solar 100%
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah terus beruapaya untuk mengurangi impor dan meningkatkan ekspor untuk memperbaiki neraca dagang yang terus mengalami defisit. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga terus menginstruksikan kepada para menterinya agatr mencari cara memperbaikinya.

Dalam pidato kenegaraan di Gedung DPR RI, Jumat (16/8/2019), Jokowi mengatakan, saat ini Indonesia harus mulai berbenah untuk memperbaiki kinerja perekonomiannya, terutama di tengah kondisi global yang tidak menentu.




Salah satu cara untuk kurangi impor dari sektor migas adalah menggunakan produk yang ada di dalam negeri. Dimana produk unggulan Indonesia adalah sawit yang bisa dimanfaatkan sebagai campuran untuk solar.

Dengan campuran ini maka dinilai akan mengurangi impor migas dan ke depannya bisa menjadi biodiesel 100%, yakni bensin solar dengan bahan dasar 100% diolah dari minyak sawit. 

"Kita sudah mulai dengan program B20, akan masuk ke B30 campuran solar dengan 30% biodiesel. Tapi kita bisa lebih dari itu kita bisa membuat B100," ujar Jokowi di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Jokowi menjelaskan, saat ini Indonesia sudah memproduksi avtur sendiri sehingga tidak perlu impor lagi. Maka ke depan, Indonesia didorong bisa untuk tidak melakukan impor solar juga.

"Tapi kita bisa lebih dari itu, kita bisa ekspor avtur, kita juga ingin produksi avtur berbahan sawit," tegasnya.

Jokowi Optimistis RI Bisa Bikin Minyak Sawit Jadi Bensin 100%Foto: B50 Ditargetkan Di Akhir 2020



[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading