Jokowi: Regulasi Rumit Harus Dihentikan!

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
16 August 2019 12:03
Jokowi: Regulasi Rumit Harus Dihentikan!
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan agar regulasi yang ada tidak boleh bertele-tele dan rumit. Regulasi harus simpel dan cepat agar tidak menyusahkan.

Hal ini disampaikan Jokowi saat pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019. Pidato kenegaraan kepala negara disampaikan pada sidang bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di gedung parlemen, Jumat (16/8/2019).

"Kita tidak boleh terjebak pada regulasi yang kaku yang formalitas yang ruwet yang rumit yang basa-basi yang justru menyibukkan yang meruwetkan masyarakat dan pelaku usaha. Ini harus kita hentikan," ujar Jokowi.


Untuk itu, ia mengajak DPR, DPD, MPR serta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk melakukan reformasi perundang-undangan secara besar-besaran. Dengan langkah baru dan regulasi yang mudah maka investasi akan masuk dengan sendirinya.

"Kita tidak bisa membiarkan regulasi yang menjebak kita menakut-nakuti kita yang justru menghambat inovasi. Ini harus dibongkar sampai ke akar-akarnya," kata dia.

Bahkan ia menegaskan, jika ada aturan yang rumit dan lambat serta tumpang tindih maka segara dihilangkan.

"Regulasi yang tidak sesuai dengan perkembangan zaman harus dihapus. Regulasi yang tidak konsisten dan tumpang tindih antara satu dan lainnya harus diselaraskan, disederhanakan, dan dipangkas," tegasnya.





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading