Bukan SUV Jokowi, Esemka Fokus Produksi 6.000 Unit Pick Up

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
14 August 2019 14:50
Bukan SUV Jokowi, Esemka Fokus Produksi 6.000 Unit Pick Up
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan Esemka bakal memproduksi massal 6.000 unit mobil di tahap pertama. Mobil yang akan diproduksi adalah mobil pick up.

Mobil Esemka baru mendapat perhatian publik setelah mengikuti pameran Kreatif Anak Solo (Kreasso) pada tahun 2011. Saat itu Joko Widodo selaku Walikota Solo menyatakan ketertarikan untuk menggunakan mobil Esemka tipe Rajawali sebagai mobil dinas yang merupakan jenis SUV.

"Kalau kita lihat Esemka rencana produksinya kira-kira tahap awal 6.000 unit," kata Airlangga di kantornya, Jakarta, Rabu (14/8/2019) sepert dikutip dari detikcom.



Airlangga menjelaskan, pihak Esemka akan meluncur mobil model pick up atau bak terbuka. "Itu modelnya kan kemarin yang tahap pertama ada pick up dan ada yang lain," sebutnya.

Menurutnya, Esemka punya pertimbangan tertentu mengapa mereka meluncurkan mobil pick up bukan mobil penumpang. "Ya namanya bisnis model. Jadi kalau namanya bisnis model tergantung investor kan, kita nggak bisa menentukan investor suruh bikin mobil jenis yang menurut studi mereka pasarnya besar," katanya.

Esemka sempat digadang-gadang bakal menjadi mobil nasional pertama di Indonesia. Namun belakangan pihak Esemka menegaskan bukan mobil nasional. Lantas apa kata Airlangga?




"Ya kita lihat, itu jawabnya mobil merek nasional. Jadi kalau merek kan macam-macam dan itu merek itu nanti market yang akan menilai," jelasnya.

Pihak manajemen Esemka menegaskan bahwa pihaknya tak ada kaitan dengan Presiden Jokowi, dan tak mau disebut sebagai mobil nasional.



(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading