Top! Esemka Sudah Laku 12 Unit, Dibeli Pemprov Bengkulu

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
24 September 2019 20:08
Top! Esemka Sudah Laku 12 Unit, Dibeli Pemprov Bengkulu
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Provinsi Bengkulu menandatangani pembelian 12 unit mobil Esemka. Ini tentu kabar baik bagi Esemka yang baru meluncur awal September 2019 lalu.

"Kami mengapresiasi kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu yang menandatangani pembelian 12 unit Esemka. Kami juga optimistis, Esemka dapat meningkatkan produktivitas masyarakat desa," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, Selasa (24/9)




Ia mengatakan, mobil Esemka telah dipamerkan dalam gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXI 2019 di Bengkulu. Kegiatan ini diselenggarakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan berlangsung dari tanggal 22-25 September 2019.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyambut baik kehadiran mobil Esemka dalam pameran itu. Ia berharap ke depannya pemesanan Esemka dapat dipermudah melalui layanan e-katalog.

"Siapa lagi kalau bukan kita yang bangga menggunakan produk dalam negeri ini. Harapan kami, tahun 2020 nanti, mobil Esemka sudah masuk e-katalog, sehingga proses pengadaannya bisa lebih sederhana. Kami terus dorong teknologi nasional, agar bangsa ini kompetitif di mata dunia," kata Rohidin.

Sementara itu, Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo meminta PT SMK selaku produsen Esemka dapat memberikan pelatihan perbengkelan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).



"Jadi, mereka bisa mengerti tentang merawat kendaraan. Apalagi, yang namanya penjualan kendaraan itu salah satu kunci keberhasilannya adalah after sales," kata Eko.

PT SMK menargetkan produksi 3.500 unit pick up Bima. Setelah meresmikan pabrik pada awal September ini, Esemka diklaim akan mampu menyerap 300 tenaga kerja lokal.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading