BI: Ruang Penurunan Bunga Acuan Masih Ada, Tinggal Timingnya

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
12 August 2019 13:01
BI: Ruang Penurunan Bunga Acuan Masih Ada, Tinggal Timingnya
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) kembali memberikan sinyal akan kembali menurunkan suku bunga acuannya. Namun, sampai saat ini masih menunggu waktu yang tepat saja.

"Apakah masih ada room (penurunan suku bunga) lagi, kita masih akan liat lagi ke depan. Pak Gubernur telah katakan room ada, jadi tinggal timingnya," ujar Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo di Gedung BI, Jakarta, Senin (12/8/2019).

Menurutnya, BI masih melihat resiko yang bisa ditimbulkan oleh perang dagang antara AS dan China saat ini yang masih jauh dari kata sepakat. Oleh karenanya, BI tidak mau asal mengambil kebijakan akomodatif.


"Timing jadi penting sebab bagaimana risiko yang harus di lihat ke depannya. Risiko tentu lebih banyak pasar global, bagaimana trade war masih akan berlanjut dana sedalam mana permasalahannya," jelasnya.




Diketahui, pada Juli 2019 lalu, BI telah menurunkan BI7Days Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,75%. Penurunan ini dilakukan karena inflasi dan nilai tukar yang terjaga stabil.

Sebelumnya, BI juga telah melakukan pelonggaran giro wajib minimum (GWM) untuk memastikan likuiditas aman.

"Dengan GWM yang diturunkan dan sisi suku bunga yang diturunkan. Jadi berikan kelonggaran kebijakan moneter kita," tegasnya.







(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading