Jonan Ungkap Potensi di 2 Proyek Gas Raksasa RI

News - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
31 July 2019 16:18
Jonan Ungkap Potensi di 2 Proyek Gas Raksasa RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan mengungkapkan besarnya potensi gas dan proyek laut dalam di Indonesia. Hal itu disampaikan Jonan di pembukaan Gas Indonesia Summit & Exhibition 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), hari ini.

"Pengembangan eksplorasi gas di Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Kita sudah lihat komitmen pemerintah untuk pengembangan di Maluku (Masela) di mana Inpex dan Shell akan mulai mengembangkan gas," kata Jonan di JCC Assembly Hall, Jakarta, Rabu (31/7/2019).




Jonan mengungkapkan di Masela jumlah cadangan gasnya bisa mencapai 18,5 trillion Cubic feet (Tcf) dengan kadar CO2 yang sangat rendah. Selain itu, Jonan juga mendorong Repsol untuk melakukan eksplorasi besar baik on-shore maupun di off shore. Jonan mengatakan, Repsol juga baru saja menemukan cadangan 2 Tcf cadangan di on-shore Sakakemang, Sumatera Selatan.

Selain itu, Jonan juga berharap proyek laut dalam atau Deepwater Development (IDD) yang dikerjakan oleh Chevron Indonesia bisa mulai masuk tahap diskusi Plan of Development (PoD).

"Jadi, IDD di Teluk Makassar. Yang lain di Indonesia bagian Timur, di tanah Papua dan perairan Maluku sedang berjalan," ujar Jonan.

Isu lainnya di sisi kostumer ialah komitmen pemerintah pada tahun 2025 di mana 50% produksi gas diharapkan bisa dikonsumsi oleh domestik. Berbeda dengan gas, sektor minyak perkembangannya tidak begitu pesat.

"Minyaknya sedikit disayangkan, tidak ada yang bisa temukan cadangan, sementara gas tumbuh secara signifikan," kata Jonan.
Jonan juga menyatakan tidak ada lagi referensi yang dibutuhkan atau harus diaplikasikan ke konsesi selama sudah disepakati. Dalam beberapa bulan ini diharapkan harga gas akan murah.

"Saya sarankan untuk teman-teman di upstream gas production harus se-efisien mungkin. Sekarang bukan era charge di upstream, pass then on to costumer, jadi harus efisien," ujarnya.

Pada tahun 2025 mendatang pemerintah juga menargetkan  50% produksi gas dapat dikonsumsi secara lokal. Bauran energi dari gas diharapkan akan meningkat setidaknya 22%-23% pada tahun 2045-2026. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading