Tarif Listrik Tidak Naik, PLN: Ditalangi Pemerintah

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
29 July 2019 20:08
Tarif Listrik Tidak Naik, PLN: Ditalangi Pemerintah
Jakarta, CNBC Indonesia - Tarif listrik memang dipastikan tidak naik tahun ini. Namun bukan berarti persoalan ini sudah selesai, karena ada keuangan PT PLN (Persero) yang juga perlu diperhatikan.

Siang tadi, PLN diketahui menghadiri rapat di Istana Negara. Meski agendanya tidak diketahui, tampak hadir di rombongan juga tampak Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan.

Usai rapat, Plt Direktur Utama PT PLN (Persero) Djoko Abumanan mengatakan beberapa hal terkait tarif listrik dan subsidi. Pastinya, kebijakan pemerintah memutuskan tarif PLN akan tetap sampai 2019 ini.




Saat ditanya bagaimana hitungannya untuk kondisi keuangan perusahaan, Djoko menjawab bahwa mengatur keuangannya ibarat kantong kanan dan kiri. "Kalau ke pelanggan tidak naik, harus dicover oleh pemerintah. Intinya seperti itu," ujar Djoko, Senin (29/7/2019).

Kondisi keuangan PLN kata Djoko masih sama saja. Ia kembali menekankan tugas PLN hanya pelaksana, "Kalau ke pelanggan tidak bisa pindahnya ke pemerintah," tegasnya lagi.

Namun, ia melanjutkan, kebijakan tersebut harus dipertimbangkan matang-matang oleh pemerintah apakah akan terus dilanjutkan hingga 2020 dan selanjutnya. "Bagaimana kemampuan pemerintah untuk kebijakan, apa mau ke energi atau pembangunan?"

Djoko menjelaskan terkait tarif listrik memang harus dilihat dari berbagai faktor sebelum ditentukan penyesuaian. Di antaranya harga minyak Indonesia (ICP), kurs rupiah terhadap dolar, dan kejadian luar biasa. "Kita berharap kalau bisa tahan, kita lebih aman. Tapi kemarin kan dolar Rp 15.000, ICP naik dan batu bara sempat dipatok di US$ 70. Ini kondisi makro acuan APBN, PLN sama saja," jelasnya.

Tarif Listrik Tidak Naik, PLN: Ditalangi PemerintahFoto: Infografis/Tarif Listrik Bisa Naik atau Turun Tahun Depan/Arie Pratama
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading