Wah, Modal Asing Sudah Banjiri RI Rp 192,5 T

News - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
26 July 2019 14:02
Wah, Modal Asing Sudah Banjiri RI Rp 192,5 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Aliran modal asing (capital inflow) yang masuk ke Indonesia per tanggal 25 Juli 2019 tercatat sebesar Rp 192,5 triliun. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan derasnya modal asing yang masuk mengkonfirmasi investor asing masih percaya dengan pasar Indonesia.

"Mengkonfirmasi bahwa aliran modal asing masuk ke dalam portfolio investasi Indonesia masih positif. Menunjukkan confidence, kepercayaan investor kepada prospek ekonomi Indonesia," kata Perry di Kompleks Bank Indonesia, Jumat (26/7/2019).

Perry menjabarkan modal asing sebesar Rp 192,5 triliun itu terdiri dari Rp 119,3 triliun yang ada di surat berharga negara (SBN) dan di sektor saham sebesar Rp 72,2 triliun.


Masuknya arus modal ke dalam negeri juga mencerminkan respon investor terkait kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Alhasil, imbal hasil di Indonesia dinilai menarik.

"[juga] Merespon kebijakan BI dan OJK terkait imbal hasil yang menarik di Indonesia." pungkas Perry.

Aliran modal asing yang masuk ini juga mendorong stabilitas nilai tukar rupiah. Meskipun hari ini rupiah bertengger di level Rp 14.000/ US$, kata Perry, bukan disebabkan faktor-faktor fundamental.







(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading