RI Punya 231 Bendungan Besar, Hanya 11% Mengairi Sawah

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
23 July 2019 11:20
Dengan tambahan bendungan baru maka tingkat pengairan sawah bisa meningkat
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah berupaya menyelesaikan 65 bendungan untuk memperluas pengairan, dan sebagai antisipasi saat kekeringan. Ini untuk menambah bendungan yang sudah ada.

Saat ini baru ada 231 bendungan besar dengan tingginya 15 meter dan daya tampungan 15 ribu meter kubik. Sehingga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga tengah menyelesaikan beberapa jaringan irigasi agar bisa pertanian bisa mengatur pola tanam persawahan dengan membangun 65 bendungan.

"Dengan bendungan yang ada sekarang ini, baru bisa mengairi 11%. Kalau 65 bendungan selesai maka pengairannya bisa ditingkatkan dan panen bisa jadi tiga kali dalam satu tahun," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam CNBC Indonesia Conference Water Security and Sustainability di Auditorium Menara Bank Mega, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Basuki menggarisbawahi manajemen air penting, pembangunan infrastruktur bendungan salah satunya untuk memaksimalkan pemanfaatan air. Apalagi kebutuhan air terus meningkat sejalan dengan pertambahan penduduk.

"Jumlah penduduk di Indonesia 267 juta jiwa, dengan pertumbuhan 1,1 persen diperkirakan jumlah penduduk 295 juta penduduk pada 2030, makanya ada kebutuhan akan air dan memberikan dampak serius jika ketersediaan sumber daya tersebut tidak tersedia dengan baik," kata Basuki.

Ia menegaskan pemerintah perlu mengambil langkah untuk memprkuat pertahanan air termasuk menghalangi bencana karena air, seperti banjir dan kekeringan dan lainnya.



(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading