Melesat, Harga Cabai Rawit Tembus Rp 72 Ribu/Kg

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
21 July 2019 18:30
Melesat, Harga Cabai Rawit Tembus Rp 72 Ribu/Kg
Jakarta, CNBC Indonesia- Harga cabai rawit di sejumlah daerah terus merangkak naik yang dipicu oleh minimnya stok dari distributor maupun petani. Seperti yang terjadi di Trenggalek, Jawa Timur yang mengalami harga cabai rawit menembus Rp 72 ribu per kg.

Sikem, pedagang sembako di Pasar Basah Trenggalek, mengatakan, saat ini ia menjual cabai rawit Rp 70 ribu hingga Rp 72 ribu per kg. Sedangkan cabai merah besar dan cabai keriting dijual Rp 60 ribu per kg. Padahal sebelumnya komoditas cabai tersebut berada di bawah Rp 50 ribu per kg.

"Kalau cabai rawit itu sebelumnya ya Rp 50 ribu, kemudian naik Rp 60 ribu dan sekarang Rp 70 ribu, ini terus mengalami kenaikan," kata Sikem, seperti dikutip dari detikcom, Minggu (21/7/2019).



Tren kenaikan paling tajam terjadi dalam sepekan terakhir. Para pedagang mengaku akibat meroketnya harga cabai tingkat daya beli masyarakat ikut terpengaruh. Warga yang sebelumnya membeli dalam jumlah banyak, kini mengurangi pembelian hingga 50 persen.

"Omzet pedagang juga ikut turun, sebelumnya bisa menjual 70 kilogram per hari. Saat ini hanya sekitar 40 kilogram saja," kata pedagang lain, Siti.

Lonjakan harga cabai tersebut terjadi secara terus-menerus. Para pedagang menduga kenaikan harga tersebut terjadi akibat minimnya suplai dari distributor maupun petani.

"Sekarang barang sulit. Kalaupun ada barangnya hanya sedikit. Kemudian kalau petani di sini juga masih mulai tanam," imbuhnya.


Pasokan cabai para pedagang di Trenggalek rata-rata didatangkan dari distributor Tulungagung, Blitar hingga Malang. Pihaknya berharap harga cabai bisa kembali stabil, sehingga daya beli masyarakat kembali pulih.

Sementara itu untuk harga kebutuhan lain masih relatif stabil. Telur ayam dijual Rp 21 ribu per kg, bawang merah besar Rp 24 ribu per kg. Sedangkan bawang putih dijual Rp 26 ribu per kg.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) memproyeksikan terjadi inflasi pada Juli 2019 sebesar 0,2%. Secara tahunan tingkat inflasi menjadi 3,2%.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan terjadinya inflasi ini dikarenakan masih tingginya harga cabai.

"Cabai merah relatif besar yakni 0,15%. Cabai rawit 0,1%," kata Perry di Gedung BI, Jumat (19/7/2019).

[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading