Juara Piala Afrika 2019, Aljazair Raih Hadiah Rp 63 M

News - tahir saleh, CNBC Indonesia
20 July 2019 07:49
Juara Piala Afrika 2019, Aljazair Raih Hadiah Rp 63 M
Jakarta, CNBC Indonesia - Aljazair keluar sebagai juara Piala Afrika 2019 setelah menang tipis atas Senegal 1-0 di partai final yang digelar di Cairo Internasional Stadium, Mesir, Sabtu (20/7/2019) dini hari WIB.

Negara bernama lengkap Republik Demokratik Rakyat Aljazair dan berada di pesisir Laut Tengah, Afrika Utara ini, sudah unggul lebih dahulu setelah laga baru berjalan 2 menit.

Seperti dilansir Detiksport, 
Baghdad Bounedjah melepas tembakan dari luar kotak penalti. Bola mengenai kaki Salif Sane hingga melambung tinggi dan tanpa diduga masuk ke gawang Alfred Gomis.

Tertinggal satu gol, Senegal langsung mengurung pertahanan Aljazair. Sadio Mane dkk. berkali-kali melepaskan tembakan. Hanya saja, satu-satunya tembakan di babak pertama yang mengarah ke gawang cuma dari tendangan bebas Henri Saivet.


Sebenarnya Wasit Neant Alioum sempat memberikan hadiah penalti untuk Senegal di menit ke-60. Keputusan itu kemudian ditinjau ulang lagi dengan VAR dan wasit pun mengubah keputusannya. Setelah itu tak ada gol balasan dari Senegal hingga laga usai.


Aljazair pun keluar sebagai juara Piala Afrika 2019.

Laga tadi malam digelar di Cairo International Stadium yang berkapasitas 74.100 penonton. Piala Afrika ini diikuti oleh 24 tim negara, berkembang dari sebelumnya hanya 16 negara setelah gelaran terakhir pada 2017, dikutip express.co.uk. Mesir, sebagai tuan rumah tahun ini menyediakan enam stadion di empat kota utama.

Lantas berapa yang diperoleh Aljazair di partai final ini?

April lalu, The Confederation of African Football mengonfirmasi besaran hadiah dalam turnamen ini yakni mencapai US$ 14,2 juta atau sekitar Rp 200 miliar (asumsi kurs Rp 14.100/US$), yang akan dibagi kepada delapan tim terbaik.

Tim yang masuk perempat final akan menerima US$ 800.000 atau Rp 11,28 miliar.

Setelah kalah di semifinal, Nigeria dan Tunisia bertarung memperebutkan tempat ketiga yang akan mendapatkan duit US$ 4 juta, masing-masing akan menerima US$ 2 juta tau Rp 28 miliar. Nigeria menang 1-0 atas Tunisia.

Di partai final, kedua tim akan mendapatkan total US$ 7 juta, sang pemenang akan menerima US$ 4,5 juta tau Rp 63,45 miliar, sementara runner-up menerima US$ 2,5 juta tau Rp 35,25 miliar.

Selamat Aljazair! (tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading