Bergaji Rp 329 M, Bintang NBA Kawhi Leonard Pakai Mobil Butut

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
17 June 2019 13:23
Bergaji Rp 329 M, Bintang NBA Kawhi Leonard Pakai Mobil Butut
Jakarta, CNBC Indonesia - Bintang klub basket Toronto Raptors, Kawhi Leonard, yang juga peraih gelar most valuable player (MVP) atau pemain terbaik dalam NBA Finals 2019, diketahui masih suka mengendarai mobil tuanya.

Padahal, pria berusia 27 tahun ini sudah menandatangani kontrak selama lima tahun senilai US$94 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun pada 2015 dan mendapat gaji lebih dari US$23 juta atau Rp 329 miliar di musim lalu. Ia juga digadang-gadang akan menandatangani kontrak baru yang bernilai lebih tinggi setelah timnya menang melawan Golden State Warriors.



Pada 2016 lalu, saat Leonard sudah digaji lebih dari US$16 juta dan tergabung dalam tim San Antonio Spurs, bintang NBA All-Star ini masih mengendarai SUV tua yang sudah dimilikinya sejak sekolah menengah.


Mobil Chevy Tahoe tahun 1997 yang sudah dimodifikasi itu ia namakan "Gas Guzzler", seperti yang ia katakan pada Sports Illustrated pada Maret 2016. Ia pertama mengendarai mobil itu saat masih remaja dan tinggal di Indland Empire, California Selatan.

"(Mobil) itu masih bisa jalan ... dan benar-benar sepadan," kata Leonard yang terkenal pendiam kepada Sports Illustrated ketika diminta untuk menjelaskan mengapa seorang atlet profesional jutawan masih mengendarai SUV yang berusia hampir 20 tahun.

Bergaji Rp 329 M, Bintang NBA Kawhi Leonard Pakai Mobil BututFoto: Infografis/Toronto Raptors, Juara NBA asal Kanada/Arie Pratama

Chevy Tahoe LS empat pintu keluaran tahun 1997 tanpa modifikasi hanya bernilai sekitar US$1.390, menurut situs informasi mobil Edmunds. Namun, situs web mobil bekas CarGurus juga telah membanderol SUV Chevy Tahoe tahun 1997 dengan harga hingga hampir US$15.000, dilansir dari CNBC Make It, Senin (17/6/2019).

CNBC Make It menghubungi juru bicara Toronto Raptors, menanyakan apakah Leonard mengendarai mobil Tahoe itu ke Kanada ketika Raptors mengambilnya dari San Antonio Juli lalu, tetapi tim tidak segera menanggapi.

Selain memperoleh gaji dari bermain basket, Sports Illustrated juga melaporkan bahwa Leonard telah menjadi bintang iklan untuk Wingstop, restoran ayam goreng populer. Bahkan, dalam artikel itu juga dikabarkan Leonard diberi kupon makan gratis dari restoran tersebut.


Ternyata, kebiasaan Leonard yang superhemat ini bukan lagi menjadi hal aneh di kalangan sesama pemain basket lainnya. Pada 2016 lalu, pelatih pimpinan San Antonio Gregg Popovich mengatakan kepada Sports Illustrated bahwa Leonard memang tidak terlalu peduli pada popularitas.

"Dia tidak peduli dengan ketenarannya," katanya. "Dia menyukai permainan ini. Dia mengabaikan sisanya."

Tentu saja, itu tidak berarti Leonard menolak untuk mengeluarkan uang. Meskipun ia suka memperbaiki Tahoe tahun 1997-nya untuk bisa digunakan setiap hari, Leonard juga dilaporkan memiliki Porsche yang kadang-kadang ia kendarai juga. Awal tahun ini, Leonard bahkan mengeluarkan US$13,3 juta untuk membeli sebuah rumah di San Diego, dekat tempat kuliahnya di San Diego State.

Bergaji Rp 329 M, Bintang NBA Kawhi Leonard Pakai Mobil BututFoto: Final NBA (Kyle Terada-USA TODAY Sports)

Keputusannya membeli rumah di daerah itu telah memicu rumor bahwa Leonard akan menandatangani kontrak dan bergabung dengan tim wilayah itu, Clippers atau Lakers di Los Angeles. Namun, di manapun ia akan menandatangai kontrak barunya, Leonard dikabarkan akan memboyong kontrak sedikitnya bernilai US$35 juta per musim. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading