Semen China Murah Meriah dari Lokal, Menperin Masih Mau Cek

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
15 July 2019 16:05
Semen China Murah Meriah dari Lokal, Menperin Masih Mau Cek
Jakarta, CNBC Indonesia - Semen merek lokal tengah bersaing berat dengan harga dengan semen bermerek dari prinsipal China yang diproduksi di dalam negeri. Semen-semen merek China dapat ditemukan di toko bangunan atau e-commerce.

Beberapa semen bermerk China yang beredar itu di antaranya CONCH Cement, Semen Garuda, Semen HIPPO dan lainnya.

Sebagai contoh, Semen HIPPO ukuran 50 Kg dijual seharga Rp47.000 per sak (Jakarta). Bandingkan dengan semen lokal merek Tiga Roda yang dijual seharga Rp54.400 per sak (Jakarta). Ada selisih sekitar Rp7.000 antara semen bermerek China dan lokal.



Perbedaan harga juga terjadi pada semen ukuran 40 kg. Di salah satu toko Bukalapak, semen bermerk China CONCH ukuran 40 kg dibanderol hanya Rp34.300 per sak (Jakarta). Sementara untuk merek lokal Tiga Roda ukuran 40 kg dijual dengan harga sampai Rp39.800 per sak (Jakarta).

Menanggapi hal ini, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto hanya memberi komentar singkat. Ia mengatakan akan mengecek fenomena ini.

"Nanti kami cek, kan memang ada dua atau tiga pabrik yang memproduksinya (semen)," kata Airlangga Hartanto di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin (15/7/2019).



Beberapa tahun terakhir, prinsipal semen China masuk pasar Indonesia dan memproduksi semen di dalam negeri. Produksi semen CONCH dilakukan di Serang, Banten, Papua, dan Kalimantan Selatan.


Dari kondisi ini, semen lokal dihadapkan dengan persoalan daya saing, setelah produsen semen dari prinsipal China menjual harga yang lebih kompetitif.

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading