Nih, Pengakuan Mengejutkan Pedagang Soal Semen China

News - Muhammad Sabki, CNBC Indonesia
15 July 2019 10:52
Nih, Pengakuan Mengejutkan Pedagang Soal Semen China
Jakarta, CNBC Indonesia - Produsen semen China terkenal menjual harga semen sangat murah dari produksi merek lokal. Namun, harga semen murah yang ditawarkan produsen dari prinsipal semen China macam semen CONCH, Garuda, hingga HIPPO tak otomatis menarik minat pedagang dan konsumen.

Budi, pemilik Toko Bangunan Trubus 2 di kawasan Jalan Hankam, Jatiwarna bercerita kepada CNBC Indonesia.

Ia bilang ada beberapa alasan kenapa tak menjual produk semen China macam CONCH, Garuda, dan HIPPO. Pertama, para konsumen memang lebih banyak percaya pada produk semen pemain lama macam Tiga Roda dan lainnya meski harganya lebih mahal.

Kedua, biasanya ia mengaku distributor produk semen China bermasalah, soal konsistensi harga dan pengiriman barang. Ia pernah memang mendapatkan harga semen China Rp30 ribu per sak (ukuran 40kg) saat pengiriman pertama lancar, tapi pengiriman kedua bermasalah.

"Pesanan kedua tak dikirim alasan tak dapat angkutan, alasan berikutnya harga sudah naik," kata Budi kepada CNBC Indonesia.

Ketiga, persoalan kualitas, ia bilang semen CONCH, Garuda, HIPPO, dalam dunia bisnis, masuk kategori semen "Level 3". Menurut Budi kualitasnya biasa saja, tak bisa setara dengan produk semen pemain lama macam Tiga Roda dan Holcim.


"Kita tak pakai semen CONCH, HiPPO, Garuda. Kita pakai semen murahnya Rajawali (Tiga Roda) dan semen China merek Semen Jakarta," katanya

Berdasarkan penelusuran CNBC Indonesia di kawasan Keranggan-Cibubur, Bekasi tak ada yang menjual semen CONCH, Garuda, dan HIPPO. Rata-rata pedagang beralasan ingin menjaga konsumennya.

Di pasaran, produk semen merek China ini harganya sangat bersaing, bahkan pemasaran mereka cukup agresif sampai di lapak online. CNBC Indonesia, mencoba berselancar di beberapa toko online, hasilnya cukup mengejutkan.

Semen HIPPO misalnya, untuk ukuran 50 Kg hanya dijual Rp47 ribu, dan ukuran 40 kh hanya Rp37 ribuan. Semen Garuda dibanderol dengan harga Rp44.800 untuk ukuran 50 kg, sedangkan 40 kg hanya Rp35.900.

Bahkan semen CONCH ukuran 40 Kg di toko Bukalapak ada yang dijual hanya Rp34.300 per sak, dan ukuran 50 Kg dipatok Rp42.900 per sak oleh pelapak di Jakarta, harga ini memang belum termasuk ongkos turun barang tapi relatif sangat murah.



Di pelapak yang sama, harga semen lokal macam Tiga Roda ukuran 40 Kg dijual sampai Rp39.800 per sak, bahkan di penjual lainnya yang sama-sama area Jakarta, menjual sampai Rp48 ribu per sak padahal pabriknya dekat dengan Jakarta.



Ukuran 50 kg, harganya dijual ada yang sampai Rp54.400 per sak.  
Semen Gresik salah satu pemain lokal, juga menjual cukup mahal, ukuran 40 kg dijual Rp 40.400 per sak, dan ukuran 50 kg dibanderol Rp50.500 per sak. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading