Simak Nih, Trik Mudah Mencari Tiket Pesawat Murah

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
13 July 2019 20:35
Simak Nih, Trik Mudah Mencari Tiket Pesawat Murah
Jakarta, CNBC Indonesia - Tiket pesawat adalah kunci suksesnya sebuah liburan. Sayangnya, harga tiket kadang tidak terduga. Jika ternyata mahal, terpaksa harus putar otak agar liburan tak sekedar wacana. 

Ada banyak cara yang dilakukan untuk berburu tiket. Selain waktu yang tepat, pastikan menggunakan banyak sumber dalam mencari berbagai macam informasi seputar harga tiket, hingga akomodasi selama perjalanan.

Adalah Angga Dwi Putra, seorang traveller sejati yang sudah melanglang buana ke banyak tempat. Dirinya memberi bocoran, bagaimana dan apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa mengantongi tiket pesawat dengan harga paling bersahabat.


1. Waktu

Usahakan berburu tiket setidaknya tiga bulan sebelum keberangkatan. Bandingkan antara Online Travel Agent (OTA) yang satu dengan yang lainnya. Saat ini, tersedia banyak OTA yang menawarkan berbagai jenis maskapai dengan banyak tujuan di seluruh dunia.

"Saya catat harga paling murah, setelah itu saya akan cek langsung ke maskapai. Karena kadang harganya bisa berbeda. Jangan lupa cek juga promo yang diberikan masing-masing OTA," katanya.

Selanjutnya, statistik menunjukkan jika Minggu sore adalah waktu yang tepat untuk berburu tiket. Berdasarkan statistik pula, hari Selasa juga menjadi hari baik dalam berburu tiket.

Tak lupa, saat ini banyak akun sosial media yang bisa menjadi acuan dalam berburu tiket. Tak ada salahnya memantau pergerakan harga tiket melalui sosial media seperti Instagram. Biasanya ada banyak pilihan perjalanan dengan harga miring.

2. Hindari Peak Season


Ada waktu-waktu tertentu sebuah lokasi wisata menyedot banyak wisatawan. Hindari musim panas antara bulan Juli dan Agustus dan akhir tahun menjelang Natal dan tahun baru.

"Itu harganya bisa mahal sekali," tuturnya.

Waktu paling ideal kunjungan berlibur ke Eropa adalah sekitar April, Mei dan Juni. Cuaca di sana tidak terlalu panas dan tentunya tak terlalu ramai seperti saat liburan.

"September dan Oktober juga menjadi waktu yang baik, libur musim panas sudah berakhir dan udara tidak terlalu dingin," tambahnya.

Dia menyebut untuk jadwal penerbangan tak ada salahnya memilih pada hari biasa selain akhir pekan. Memang, ini akan mempengaruhi waktu cuti, tapi tiket di hari biasa memang terbukti lebih murah dibanding dengan akhir pekan. Siasati dengan memilih penerbangan saat malam hari.

3. Hindari Penerbangan Langsung (Direct Flight)

Memang agak merepotkan, tapi cara ini terbukti menjadi salah satu upaya dalam memangkas ongkos tiket pesawat yang harganya memang tidak terduga. Coba bandingkan dengan membeli tiket Jakarta ke Kuala Lumpur atau ke Singapura terlebih dahulu baru kemudian ke Paris.

"Tapi jangan lupa memperhitungkan biaya bagasi dan terminal yang memang terkadang berbeda di setiap negara. Pastikan juga waktu check in pesawat secara cermat," tuturnya.

Dirinya juga berpesan pastikan menimbang bawang bawaan dengan cermat. "Hati-hati over baggage. Budget airlines ketat sekali urusan ini. Satu kilo bisa-bisa harus membayar Rp 500 ribu," ujarnya.

4. Beli Sepaket dengan Hotel

Cara satu ini juga ternyata efektif untuk memangkas biaya. Selain lebih hemat, cara ini juga terbilang mudah karena tak harus meluangkan waktu lagi untuk berburu hotel. Dia mencontohkan suatu kali perjalanan ke Vietnam, yang ternyata sangat membantu pengeluaran selama di sana.

"Pas di Vietnam, saya hanya bayar hotel sekitar Rp 100 ribu untuk tiga hari karena bundling," ujarnya.

5. Travel Fair

Cara yang satu ini memang tak selalu manjur. Pasalnya, ada banyak orang yang juga ingin mendapatkan tiket dengan harga murah. Namun, sesekali melihat harga tiket di travel fair tak masalah. Siapa tahu, ada durian runtuh dimana salah satu travel agent menawarkan promo menarik.

Apalagi biasanya dalam travel fair bekerjasama dengan perbankan, yang menawarkan transaksi menarik untuk para nasabahnya. "Tapi kalau bisa dapat tiket di travel fair ini, harganya memang bisa murah banget," katanya lagi. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading