Jika Presiden Trump Minta Mundur, Apa Kata Bos The Fed?

News - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
11 July 2019 16:30
Gubernur Bank Sentral AS, Federal Reserve Jerome Powell menegaskan akan menyelesaikan masa jabatannya hingga 2022.
Jakarta, CNBC IndonesiaGubernur Bank Sentral AS, Federal Reserve Jerome Powell menegaskan akan menyelesaikan masa jabatannya hingga 2022, meski mendapat hujan kritik dari Presiden Donald Trump, orang yang memilihnya.

Pernyataan ini disampaikan Jerome Powell menjawab pertanyaan Senator Partai Demokrat dalam rapat kerja The Fed dan Parlemen AS.


"Jika Anda mendapat telepon dari Presiden, hari ini atau besok, dan dia berkata, 'Saya memecat Anda, berkemaslah,' apa yang akan Anda lakukan?" Tanya Maxime Waters kepada Jerome Powell. CNNInternasional melaporkan, dan dikutip CNBC Indonesia, Kamis (11/07/2019).


"Saya tidak akan melakukan itu," ujar Jerome Powell. "Aturan dengan jelas memberikan saya mandat selama empat tahun dan saya berkomitmen penuh untuk menyelesaikan itu."

Perseteruan antara Donald Trump dan Jerome Powell memang telah lama jadi perbincangan hangat, hal tersebut dikarenakan Donald Trump terus menekan Jerome Powell untuk menurunkan suku bunga acuan.

Namun, Gubernur Bank Sentral itu belum melakukan permintaan Trump. Trump berulang kali berkoar-koar akan memecat Powell dan mengisyaratkan bahwa ia punya kewenangan menurunkan atau memecat Jerome powell.

Simak video pernyataan Jerome Powell soal permintaan mundur di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading