"Disidang" Kongres, Bos The Fed Sebut Ketidakpastian 26 Kali

Market - Anthony Kevin & Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
11 July 2019 15:55
Kalau ada satu kata yang bisa digunakan untuk menggambarkan laju perekonomian dunia saat ini, tampaknya kata yang tepat adalah 'ketidakpastian'.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kalau ada satu kata yang bisa digunakan untuk menggambarkan laju perekonomian dunia saat ini, tampaknya kata yang tepat adalah 'ketidakpastian' (uncertainty).

Bagaimana tidak, kata 'ketidakpastian' disebut berulang kali oleh Jerome Powell yang merupakan Gubernur The Federal Reserve alias bank sentral paling berpengaruh di dunia.

Kemarin (10/7/2019) waktu setempat, Powell memberikan testimoni di hadapan House Financial Services Committee terkait laporan kebijakan moneter semi tahunan. Dalam pemaparan ini, Powell secara detil memberikan penilaiannya terkait dengan laju perekonomian dunia hingga bauran kebijakan moneter yang dieksekusi dirinya dan koleganya di The Fed.


Diulang-ulangnya kata 'ketidakpastian' oleh Powell merupakan sebuah kejutan bagi pelaku pasar keuangan dunia. Pasalnya sebelum memberikan testimoninya kemarin, Powell dipandang sebagai pribadi yang hawkish alias senang mematok tingkat suku bunga acuan di level yang relatif tinggi.

Sempat beberapa kali 'akrab' dengan pelaku pasar dengan melontarkan pernyataan bernada dovish, tiba-tiba Powell bisa berbalik menjadi hawkish lagi. Pribadinya yang konservatif itu seringkali menjadi ganjalan bagi pasar keuangan dunia.

CNBC International mencatat bahwa dalam testimoninya di hadapan anggota kongres, setidaknya 26 kali kata 'ketidakpastian' diucapkan oleh suksesor dari Janet Yellen itu. 'Ketidakpastian' yang diucapkan Powell mengacu kepada berbagai macam hal, seperti prospek perekonomian AS, rendahnya tekanan inflasi, perang dagang AS-China, hingga konsumsi rumah tangga.



Berikut contoh kutipan dari Powell yang mengandung kata 'ketidakpastian':
  • "Kami telah sepakat untuk memulai lagi diskusi dengan China dan itu merupakan langkah yang konstruktif, namun itu tidak menghilangkan ketidakpastian yang   kami lihat membebani prospek perekonomian secara keseluruhan."
  • "Intinya bagi saya adalah ketidakpastian terkait pertumbuhan ekonomi global dan perdagangan terus membebani prospek perekonomian AS dan di samping itu,   inflasi terus berada di level yang rendah."
Pasar Saham Dunia Cetak Apresiasi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading