BIN Telusuri Rekam Jejak Calon BI-2 Destry Damayanti

News - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
08 July 2019 18:29
Komisi XI DPR mengundang BIN dalam penetapan calon deputi gubernur senior (DGS) Bank Indonesia (BI) Destri Damayanti.
Jakarta, CNBC Indonesia - Komisi XI DPR mengundang Badan Intelijen Negara (BIN) dalam penetapan Calon Deputi Gubernur senior (DGS) Bank Indonesia (BI) Destri Damayanti. Wakil Ketua Komisi XI Achmad Hafisz Tohir mengatakan BIN dilibatkan untuk mengetahui rekam jejak dari Calon Deputi Gubernur Senior BI.

"Kami melihat dari sisi seluruh aspek. Kalau dari sisi kemampuan ekonomi moneter kita tidak ragukan [kemampuan Destri Damayanti]. Yang kita lihat sekarang dari aspek-aspek di luar itu," kata Hafisz Tohir usai rapat dengar pendapat dengan BIN yang dilakukan tertutup, Senin (8/7/2019).

Hafisz menjelaskan BIN dalam hal ini dilibatkan untuk mengetahui profil, image, karakter dan perjalanan hidup dari calon-calon pemimpin di pemerintahan. Sehingga diharapkan dapat membantu Komisi XI yang bergerak di bidang keuangan, perencanaan, pembangunan dan perbankan menentukan sosok pengisi jabatan deputi senior gubernur BI.


DPR Komisi XI mengundang BIN dalam menentukan calon DGS itu karena BI sebagai perangkat negara berdiri dengan sangat independen. Bahkan BI keputusan BI tidak bisa diintervensi lembaga lain, bahkan eselon setingkat Presiden.

BIN Telusuri Rekam Jejak Calon BI-2 Destry DamayantiFoto: Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat akan menggelar fit and proper test terhadap calon deputi gubernur senior Bank Indonesia Destry Damayanti di ruang rapat Komisi XI DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2019) siang. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)


"Kita menginginkan calon DGS membawa BI menjadi bank sentral independen dan juga tidak terorientasi kepentingan-kepentingan negara lain, [negara] adikuasa dan lain-lain," ungkap Hafisz.

Hafisz melanjutkan, dilihat dari latar pendidikan dan pengalaman Destri Damayanti sudah tidak diragukan lagi. Pelibatan BIN dalam hal ini akan melihat apakah calon patuh terhadap Pancasila dan memiliki wawasan Nusantara.

"Kalau kita tidak yakin terhadap kemampuan nasionalismenya, bahaya dong. BI ini kan seperti suatu kekuatan di dalam negara yang dia sendiri independen. Kami DPR sendiri tidak bisa intervensi, ada UU yang membatasi hal tersebut," ujarnya.

Penetapan pengisian jabatan calon deputi gubernur senior BI akan berlangsung bulan ini. Penetapan akan dilakukan dalam satu minggu ke depan.

"Kalau tidak salah 17 Juli atau 23 Juli itu dia sudah harus mengisi kekosongan jabatan tersebut. Jadi sebelum itu kita harus putuskan kemudian diparipurnakan diberi laporan kepada Presiden," tutupnya.




(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading