Apa Kata Ma'ruf Amin Soal Menteri Muda Jokowi?

News - Fikri Muhammad, CNBC Indonesia
03 July 2019 20:41
Apa Kata Ma'ruf Amin Soal Menteri Muda Jokowi?
Jakarta, CNBC Indonesia - Terdengar kabar bahwa susunan kabinet Presiden & Wakil Presiden terpilih Joko Widodo & Ma'ruf Amin juga terisi oleh anak muda, seperti yang telah dilakukan oleh negara lainya.

Kriteria pemuda yang diinginkan Jokowi adalah eksekutor handal yang memiliki manajerial yang kompeten, dinamis, fleksibel, serta mampu mengikuti perubahan zaman dengan cepat.

"Itu ada di anak-anak muda," kata Jokowi dalam sebuah wawancara stasiun televisi seperti dikutip CNBC Indonesia, Rabu (3/7/2019).


Sementara itu, Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin merespons soal kabinet baru yang nantinya akan diisi oleh generasi milenial.

"Saya kira pak Jokowi memberikan pernyataan 25-30 [usia] itu artinya berarti akan ada Menteri. Ini kan hak preogatif presiden karna potensi milenial cukup besar," kata Ma'ruf Amin saat Konferensi Pers di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat (3/7/2019).

Ma'ruf mengatakan bahwa kursi menteri yang diisi oleh para pemuda ini akan melewati uji kompetensi dan memiliki kemampuan. Sementara, untuk nama spesifik menteri muda belum ditentukan karena mendahulukan partai koalisi terlebih dahulu.

"Namanya belum, yang pasti dari partai koalisi berapa jumlahnya, apalagi orangnya, lebih belum lagi. Selain muda harus memiliki kemampuan," ucap Ma'ruf.

Soal presentase jabatan menteri, Ma'ruf mengatakan akan merundingkan berapa presentase profesional dan perwakilan partai. Namun jika dilihat pada presentase sebelumnya ada 15 menteri perwakilan partai dan 19 dari profesional.

"Dulu ada kan 15 dari partai, 19 profesional. Kalaupun dari partai sendiri juga profesional yang belum merepresentasikan partai. nah ini belum tau berapa, nah inikan harus dirundingkan berapa," tutup Ma'ruf.

Apa Kata Ma'ruf Amin Soal Menteri Muda Jokowi?Foto: Infografis/Menteri Termuda di Dunia/Edward Ricardo





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading