Resmi! Trump Pastikan Negosiasi Dagang AS-China Sudah Dimulai

News - Redaksi, CNBC Indonesia
02 July 2019 06:00
Resmi! Trump Pastikan Negosiasi Dagang AS-China Sudah Dimulai
Washington DC, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memastikan negosiasi dagang dengan China yang terhenti sejak Mei lalu secara resmi telah dimulai selepas pertemuannya dengan Presiden China Xi Jinping di sela KTT G20, akhir pekan lalu. Kepastian itu disampaikan Trump kepada wartawan di ruang kerja Presiden AS di Oval Office, Washington DC, Senin (1/7/2019) waktu setempat.

"Mereka (delegasi AS dan China) berbicara sangat banyak melalui telepon tapi mereka juga bertemu. Ya, pada dasarnya (negosiasi dagang) sudah dimulai," ujarnya.

Menurut dia, proses itu telah dimulai sebelum pertemuan kedua kepala negara di KTT G20.


"Harusnya hal itu lebih banyak memberikan keuntungan bagi kami daripada bagi mereka. Sebab, mereka telah memperoleh keuntungan bertahun-tahun lamanya," kata Trump dilansir CNBC International, Selasa (2/7/2019).



Trump dan Xi telah sepakat untuk menunda pemberlakuan tarif baru pada impor barang masing-masing negara demi memulai lagi negosiasi. Sejauh ini, AS telah mengenakan bea masuk atas barang-barang China senilai US$ 250 miliar dan mengancam akan mengenakan sederet tarif lainnya. Sedangkan China telah mengenakan tarif atas barang-barang senilai US$ 110 miliar.

Sebagaimana dijelaskan di awal, negosiasi antara AS dan China bubar pada Mei lalu, setelah delegasi Beijing melakukan perjalanan ke Washington. Trump mengklaim China "melanggar kesepkatan" yang hampir tuntas dan mengingkari beberapa ketentuan yang telah disepakati.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading